Disbudpar Semarang Revisi Target Kunjungan Wisatawan

Pariwisata  RABU, 25 NOVEMBER 2020 , 19:54:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Disbudpar Semarang Revisi Target Kunjungan Wisatawan
RMOLJateng. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang menurunkan target kunjungan wisata Semarang di tahun ini.

Pasalnya wabah Covid-19 yang masuk sejak awal tahun membuat sektor pariwisata lesu karena pembatasan ruang gerak.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari mengatakan, target kunjungan wisata diturunkan menjadi hanya tiga juta pengunjung dalam tahun ini. Selain itu pariwisata akan difokuskan untuk kunjungan domestik saja.
 
"Kondisi pariwisata sudah mulai bergerak, yang jelas sudah ada aktivitas dengan adanya pembukaan kembali tempat wisata dan juga dilonggarkan PSBB di sejumlah daerah, membuat aktivitas pariwisata dan pertumbuhan ekonomi sudah mulai bergerak," ungkap Iin, sapaan akrabnya, Rabu (25/11).

Salah satu sektor wisata yang sudah dibuka sejak pekan lalu adalah gedung bioskop. Meski dibuka dengan penerapan protokol kesehatan ketat, namun Iin yakin dengan perlahan sektor ekonomi wisata akan segera pulih kembali.
 
Disinggung soal acara tahun baru, pihaknya juga belum bisa memastikan adanya acara yang digelar saat perayaan pergantian tahun nanti.
 
Menurut dia, geliat pariwisata memang mulai bangkit kembali, bahkan dari segi perhotelan juga menunjukkan kenaikan meski belum sepenuhnya pulih. Terlebih saat libur panjang, beberapa hotel dan tempat wisata menunjukkan dampak positif bagi sektor pariwisata.
 
"Kita lihat hotel-hotel disini sudah penuh, banyak kegiatan meeting-meeting tidak hanya dari pemerintah kota semarang tapi juga dari luar daerah pun mengadakan kegiatan di Kota Semarang. Untuk total pajak hotel dan restoran di Kota Semarang sekitar Rp200 miliar lebih," bebernya.
 
Untuk agenda pariwisata tahun 2021, Iin mengungkapkan sudah ada penyusunan agenda. Namun begitu, masih bersifat fleksibel melihat perkembangan situasi.
 
"Kami sudah susun agenda wisata, tapi pelaksanaan kami menunggu kondisi lebih lanjut, jadi untuk settingan agenda, even sudah kami laksanakan. Tidak ada pengurangan even tapi konsepnya dan jadwalnya yang kita sesuaikan," pungkasnya. [hen]
 

Komentar Pembaca
Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Desakan #2021BalikJatidiri

Desakan #2021BalikJatidiri

SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 11:00:00