Tangkal Hoaks, Warga Karangsari Demak Bentuk Kampung Literasi

Daerah  SELASA, 24 NOVEMBER 2020 , 21:16:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

Tangkal Hoaks, Warga Karangsari Demak Bentuk Kampung Literasi
RMOLJateng. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Eko Pringgolaksito meresmikan kampung literasi di Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Demak, Selasa (24/11) sore.

Peluncuran kampung literasi yang dipusatkan di PKBM Mukti Utama itu, menerapkan disiplin protokol kesehatan, karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Warga yang hadir pada launching kampung literasi itu, diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Setelah dicanangkan, silakan ditumbuhkan minat membacanya ya. Lebih baik buku rusak karena dibaca daripada rapi tersimpan di rak. Tetap semangat," kata Eko Pringgolaksito.

"Kegiatan literasinya mohon agar diperluas, tidak hanya di PKBM Mukti Utama saja, kerjasama dengan dukuh dan RW agar seluruh warga bisa memanfaatkan taman baca yang sudah ada," kata dia lagi didampingi Afida Aspar Kabid PNF Dindikbud Demak.

Eko menambahkan, di Kabupaten Demak terdapat 30 taman bacaan masyarakat yang tersebar di sejumlah wilayah. Pihaknya terus mendorong taman bacaan yang ada agar terus meningkatkan minat baca masyarakat dan membuat kegiatan literasi yang inovatif.

Dindikbud juga senantiasa melakukan pembinaan taman bacaan di Kota Wali ini dengan terus menerus melakukan pembinaan serta memfasilitasi buku dan pelatihan.

"Membaca itu dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat. Manfaatkan waktu untuk membaca, membaca dan membaca. Jangan terpancing hoak, hoak dan hoaks, apalagi terus dicekoki si kotak hitam, kotak setan (handphone)," ucap Eko.

Sejumlah acara pentas seni ditampilkan dalam launching kampung literasi, diantaranya gerak dan senam oleh siswa-siswi KB Indahsari, tari kreasi dari TK Kuncup Harapan, Pembacaan puisi oleh Sifa siswi SDN Karangsari 1, geguritan oleh Budi siswa SDN Karangsari 2 serta performanfe art oleh Ari Widodo Ketua PKBM Mukti Utama.

Aksi teatrikal yang berjudul Rumat itu merefleksi nasib guru di Indonesia yang terus berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa meski di tengah pandemi corona dan beban administrasi pengajaran.
 
Melalui aksinya itu, Ari Bubut sapaan akrabnya juga ingin menyampaikan pesan agar semuanya ikut merawat bangsa ini sehingga tidak terpecah belah.

Ketua BPD Karangsari Kecamatan Karangtengah, Demak, Partono mengapresiasi, kegiatan literasi ini. Menurutnya, dengan pencanangan kampung literasi di desanya bisa menjadi salah satu sarana belajar sepanjang hayat.

"Dengan banyak membaca diharapkan masyarakat semakin maju dalam berpikir dan bertindak," ujar Partono yang juga Babinsa Demak Kota. [hen]

Komentar Pembaca
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

SELASA, 12 JANUARI 2021 , 20:50:00

Mbak You: 2021 Ada Upaya Ganti Presiden

Mbak You: 2021 Ada Upaya Ganti Presiden

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 23:45:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:44:00