DPRD Kota Semarang Akan Minta Penjelasan Soal Hunian Liar Di Pasar Tradisional

Daerah  SELASA, 24 NOVEMBER 2020 , 20:58:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

DPRD Kota Semarang Akan Minta Penjelasan Soal Hunian Liar Di Pasar Tradisional
RMOLJateng. Razia hunian liar yang dilakukan Satpol PP Senin (23/11), berbuah panjang pada rencana Komisi B DPRD Kota Semarang memanggil Kepala Dinas Perdagangan untuk membicarakan masalah ini lebih lanjut.

Penertiban tempat tinggal liar yang dilakukan di Pasar Bulu dan Pasar Banjardowo terjaring lebih dari 40 KK yang dengan sengaja menggunakan pasar sebagai tempat tinggal.

Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang, Juan Rama Soemarmo mengatakan, akan mengundang kepala dinas perdagangan untuk menjelaskan terkait temuan Satpol PP tersebut.

"Kita akan undang dinas terkait untuk melakukan klarifikasi, kebetulan ini ada acara Komisi B, dan akan saya usulkan agar segera memanggil Kepala Dinas Perdagangan," jelasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (24/11).

Juan juga mengimbau agar dinas bisa lebih tegas kepada kepala pasar tradisional dalam melakukan pengawasan di dalam lingkungan pasar.

Menurut dia, menjadikan pasar sebagai tempat tinggal dikhawatirkan akan bisa memicu konsleting listrik hingga kebakaran. Selain itu, akan menjadikan pasar terlihat menjadi lebih kumuh dan akan banyak permasalahan komplek kedepan.

"Alih fungsi ini tidak sesuai kegunaannya, nanti setelah ada klarifikasi, bisa saja dinas merekomendasikan teguran, pencabutan izin kepada pedagang yang nakal, tentu ini jadi bahan evaluasi," paparnya.

Juan mengapresiasi, tindakan Satpol PP sesuai dengan perda yang berlaku. Menurutnya, penegakkan seperti ini harus terus digalakkan agar pasar tradisional berjalan sesuai dengan fungsinya dan tidak disalahgunakan. [hen]

Komentar Pembaca
Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Desakan #2021BalikJatidiri

Desakan #2021BalikJatidiri

SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 11:00:00