Pemkot Semarang Bekerjasama Dengan Unicef Bentuk Unit Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif

Nusantara  SELASA, 24 NOVEMBER 2020 , 17:33:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Pemkot Semarang Bekerjasama Dengan Unicef Bentuk Unit Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif
RMOLJateng. Pemerintah Kota Semarang membentuk Unit Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (UPKSAI) Kota Semarang.

Pjs. Wali Kota Semarang, Drs. Tavip Supriyanto, MSi saat meresmikan UPKSAI menjelaskan, unit ini nantinya akan konsen pada penanganan kasus-kasus yang berkaitan dengan anak-anak.

"Harapan kami, mudah-mudahan unit layanan ini bisa langsung bisa dimanfaatkan. Teman-teman bisa langsung berkolaborasi agar layanan ini bisa benar-benar bermanfaat langsung kepada anak-anak kita di Kota Semarang,” kata Tavip, Selasa (24/11).

Tavip menambahkan, UPKSAI ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah Kota Semarang dalam memberikan layanan kepada anak-anak di Kota Semarang.

"Pasalnya, dengan keberadaan unit ini Kota Semarang bisa betul-betul menjadi kota yang layak anak," paparnya.

Terpisah, Child Protection Specialist UNICEF Wilayah Jawa-Bali, Naning Pudjijulianingsih, mengatakan UPKSAI ini merupakan yang ke 7 di Jawa Tengah sejak diluncurkan pertama kali di tahun 2015 oleh Kementerian Sosial dan UNICEF.

Menurut dia, setelah menunjukkan keberhasilan uji coba di 5 Kabupaten/Kota, direncanakan unit ini akan ada replikasi di 111 PKSAI di seluruh Indonesia.

"Dan UNICEF Indonesia mendukung baik pengembangan ujicobanya di 5 Kabupaten/Kota serta replikasinya di 25 Kab/Kota di tujuh Provinsi,” jelas Naning.

Naning berpendapat kesejahteraan dan perlindungan anak seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut menjadi alasan utama mengapa UNICEF sangat berkepentingan dalam mendukung pembangunan PKSAI.

Naning mengungkap, UNICEF menyerahkan bantuan berupa 5 box Recreational Kits sebagai bentuk dukungan dalam penanganan masalah anak di masa pandemi Covid-19. 

"Serta Hygine Kits sebagai bentuk dukungan kepada UPKSAI Kota Semarang dalam rangka mendukung upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19," tutupnya. [jie]





Komentar Pembaca
RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:44:00