Pembelajaran Tatap Muka Di Tahun 2021, Ini Langkah Dua Kepala Daerah Di Solo Raya

Pendidikan  SENIN, 23 NOVEMBER 2020 , 17:05:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Pembelajaran Tatap Muka Di Tahun 2021, Ini Langkah Dua Kepala Daerah Di Solo Raya
RMOLJateng. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem menyatakan untuk memberi kewenangan penuh kepada pemerintah daerah untuk terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Menanggapi hal tersebut yang pelaksanaannya direncanakan mulai Januari 2021, dua kepala daerah yakni Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Bupati Karanganyar Juliyatmono memberikan tanggapannya. 

Terkait ijin yang diberikan pada kepala daerah terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah, Rudi begitu Walikota Solo biasa disapa sebut kebijakan tersebut perlu tanggung jawab semua pihak, salah satunya terkait proses penjemputan siswa.

"Jika wali murid mengijinkan  semua harus tanggung jawab dalam proses penjemputan. Orang tua harus terlibat. Jika naik kendaraan umum ya protokol kesehatan tetap dijaga," papar Rudi, Senin (23/11).

Terpisah, Bupati Karanganyar Juliyatmono sebut Pemkab Karanganyar siap membuka pembelajaran tatap muka bagi peserta didik sekolah mulai awal Januari 2021 mendatang.

"Berbagai persiapan sudah dijalankan, salah satunya terkait protokol kesehatan saat kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah," tandasnya. 

Juliyatmono yang juga mantan pengajar (guru) ini sebut pihaknya makin optimis untuk membuka pembelajaran tatap muka usai mendapat dukungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Mendikbud Nadiem sudah mengijinkan daerah menggelar lagi pembelajaran tatap muka di tahun 2021. Untuk penataannya diserahkan ke Pemda dan Satgas Penanganan Covid-19.

"Selain sudah ada dukungan SKB empat menteri, pembelajaran jarak jauh (PJJ) (terlalu Lama) juga berdampak pada siswa dan orang tua,"  lanjutnya.

Meski begitu Bupati menyebut pihaknya harus berhati-hati dalam mengambil langkah. Memastikan semua keadaan benar-benar kondusif.

"Yang penting orangtua diberi pilihan. Pembelajaran tatap muka bukan wajib, siswa masih bisa menggunakan opsi lain (daring) demi kesehatannya," pungkasnya. [jie]

 








Komentar Pembaca
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

SELASA, 12 JANUARI 2021 , 20:50:00

Mbak You: 2021 Ada Upaya Ganti Presiden

Mbak You: 2021 Ada Upaya Ganti Presiden

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 23:45:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:44:00