Aplikasi SIMASA Antarkan Mahasiswa Unnes Lolos Pimnas 33

Pendidikan  JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 22:33:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Aplikasi SIMASA Antarkan Mahasiswa Unnes Lolos Pimnas 33
RMOLJateng.  Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Prodi Gizi dan Fakultas Teknik Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Teknik Informatika Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil lolos dalam Pimnas 33 Tahun 2020.

Tim yang beranggotakan Awalukin Arianto (Gizi/2018), Rahmatia Syafira (Gizi/2018), Ummi Toibah (Gizi/2019), dan Mohamad Afandi (Pendidikan Teknik Informatika/2017) ini berhasil lolos Pimnas 33 setelah proses pendanaan dari universitas.

Dalam ajang tersebut, tim ini mengusung karya berjudul "SIMASA" yakni aplikasi penyusun menu makan lansia.

"SIMASA adalah sebuah aplikasi yang dapat menyusun menu makan sesuai dengan asupan gizi bagi lansia. Aplikasi ini bertujuan agar menu makan lansia bervariasi setiap harinya," ujar Rahmatia, Jumat (20/11/2020).

Menurutnya, Ide dari SIMASA ini berangkat dari keprihatinan atas menu makan sebuah panti jompo di Semarang yang hanya menyajikan menu makanan itu-itu saja dan belum tentu menu makanan tersebut dapat memenuhi asupan gizi bagi lansia yang ada di panti tersebut.

"Selain menyusun menu makan lansia, aplikasi SIMASA ini juga dapat menghitung kalori, lemak, protein dan lain-lain," tambahnya.

Sasaran utama dari pembuatan aplikasi SIMASA lanjut Rahmatia, adalah panti-panti jompo yang memiliki keterbatasan pelayanan kesehatan.

"Misalnya tidak adanya ahli gizi dalam panti jompo dan tenaga kesehatan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan bagi masyarakat yang ingin menyusun menu makanan sesuai kebutuhan asupan gizi bagi keluarganya yang sudah memasuki usia lanjut," pungkasnya. [jie]

 




Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang