Bawaslu Hentikan 14 Konvoi Kampanye Di Jawa Tengah

Politik  JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 21:04:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Bawaslu Hentikan 14 Konvoi Kampanye Di Jawa Tengah
RMOLJateng. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, membubarkan atau menghentikan sebanyak 14 kasus konvoi di Jawa Tengah selama masa kampanye.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Fajar Saka mengatakan, 14 pelanggaran tersebut terjadi di Sukoharjo tujuh kali, Klaten sebanyak lima kali, dan Kabupaten Pekalongan dua kali. Menurutnya, konvoi massa beberapa laskar relawan dibubarkan karena melanggar protokol kesehatan.

"Sesuai aturan, kampanye di masa pandemi harus sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, konvoi juga melanggar larangan dalam kampanye," kata Fajar di Semarang, Jumat (20/11).

Fajar menegaskan pihaknya tidak akan tinggal diam pada saat ada konvoi. Kata dia, sesuai Pasal 69 huruf j UU 10 tahun 2016 tentang Pilkada, menyebut bahwa dalam kampanye dilarang melakukan pawai yang dilakukan dengan berjalan kaki dan/atau dengan kendaraaan di jalan raya.

"Pelanggaran atas ketentuan tersebut dikenai sanksi peringatan tertulis. Walaupun belum menimbulkan gangguan atau menghentikan kampanye di tempat terjadinya pelanggaran. Peraturan KPU tentang Kampanye juga melarang konvoi," tandasnya.

Lebih jauh, Fajar Bawaslu Jawa Tengah juga banyak sekali melakukan pencegahan akan adanya konvoi dalam masa kampanye Pilkada 2020. Berbagai upaya dilakukan agar para pendukung tak melakukan konvoi.

Menurutnya, saat melakukan penindakan atau pencegahan, para pengawas Bawaslu berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Pencegahan tersebut melalui berbagai cara, seperti baik melalui surat resmi, melalui rapat koordinasi hingga pencegahan di lapangan secara langsung.

"Upaya pencegahan tersebut banyak membuahkan keberhasilan. Banyak tim paslon yang tadinya mau konvoi tapi batal karena pencegahan Bawaslu. Ada peserta konvoi yang dengan legowo membubarkan diri. Tapi ada juga peserta konvoi yang sudah dilarang konvoi tapi yang bersangkutan tetap melakukan konvoi," tutupnya. [hen]

Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang