Logistik Pilwakot Semarang Capai 80%

Politik  JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 20:49:00 WIB | LAPORAN: LIA DINA YUNITA

Logistik Pilwakot Semarang Capai 80%
RMOLJateng. Persiapan logistik dari Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang sudah mencapai 80%.

Hari ini surat suara sudah terdistribusikan dan masuk ke gudang KPU sebanyak 1.205.124 surat suara. Penerimaan surat suara oleh Ketua KPU Kota Semarang disaksikan oleh Pjs Walikota Semarang dan Kapolrestabes Semarang, Jumat (20/11) di gudang logistik KPU di Jalan Ronggolawe.
 
"Logistik sudah 80% yang datang, surat suara yang datang hari ini dan sudah tersortir sejumlah 1.205.124 surat suara, surat suara cadangan juga sudah disiapkan sebanyak 2.000 lembar untuk pemilu ulang," jelas Henry Casandra Gultom, Ketua KPU Semarang usai seremonial kedatangan surat suara.
 
Menurut Henry, surat suara yang baru saja sampai nantinya akan disimpan dulu di lantai dua gudang logistik, sembari menunggu proses pengaturan ke dalam kotak suara. Pengaturan kotak suara masih harus menunggu beberapa logistik yang belum diterima seperti template untuk braille, sampul surat suara dan formulir.
 
"Setelah ini nanti kita taruh dulu di lantai 2, kita simpan dulu karena pada saat proses pengesetan ke kotak suara itu akan membutuhkan barang-barang yang lain, ada beberapa yang masih dalam proses perjalanan seperti formulir, template braille, kotak juga masih dapat separuh dari target yang harus diselesaikan yaitu 3608, dan ini surat suara juga udah datang paling nanti mulai minggu depan kita baru bisa mulai melakukan pengesetan," imbuhnya.
 
Pelipatan dan penyortiran surat suara memang sudah dilakukan pada saat pencetakan, agar pada saat sudah sampai di gudang KPU tak perlu lagi mendatangkan orang lain untuk menghindari kerumunan saat pandemi covid ini.
 
"Jadi kita salah satu yang lebih awal dalam percetakan surat suara makanya kita lakukan sortir lipat disana, harapannya jika ada penggantian terhadap yang rusak agar lebih cepat, dan kemarin yang rusak juga sudah dilakukan pemusnahan disaksikan bawaslu dan kepolisian," jelasnya.
 
Sementara itu, logistik yang sudah ada di gudang KPU seperti bilik dan APD sebagian sudah ada yang didistribusikan ke kecamatan. Sedangkan kotak suara juga sedang dalam proses perangkaian di dalam gudang.
 
Sejauh ini, katanya, dalam perangkaian bilik maupun kotak suara belum ada info tentang kerusakan. Nantinya, pendistribusian akan dilakukan bertahap, mengingat keamanan di masing-masing kecamatan berbeda-beda.
 
"Awal desember jadi target distribusi terakhir, karena kita pertimbangkan keamanan, kalau terlalu lama di kecamatan juga riskan," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang