Korea Selatan Janjikan Vaksin Covid-19 Untuk Negara Berkembang

Advertorial  SABTU, 14 NOVEMBER 2020 , 23:58:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Korea Selatan Janjikan Vaksin Covid-19 Untuk Negara Berkembang
RMOLJateng. Korea Selatan telah menyatakan komitmen untuk memberikan 10 juta dolar AS atau setara dengan Rp142 miliar (Rp 14.200/dolar AS) kepada negara-negara berkembang.

Komitmen tersebut langsung disampaikan oleh Presiden Moon Jae-in dalam KTT Republik Korea-Mekong yang digelar secara virtual pada Jumat (13/11), dikutip dari Kantor Berita RMOL.

Moon menjelaskan, bantuan tersebut akan diberikan melalui skema Covax, yaitu inisiatif global yang bertujuan untuk menyediakan akses yang sama kepada negara-negara untuk mendapatkan vaksin yang aman dan efektif.

Ia juga berjanji akan melakukan kerja sama dengan negara-negara Melong untuk menyediakan peralatan karantina dan meningkatkan kapasitas perawatan kesehatan publik.

Lebih lanjut, seperti dimuat VNA, Moon memuji efisiensi aktivitas perdagangan antara Korea Selatan dan lima negara Sungai Mekong, yaitu Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Thailand,  terlepas dari dampak Covid-19.

"Korea Selatan akan mengembangkan proyek bilateral untuk memulihkan ekosistem di sepanjang Sungai Mekong, mengelola sumber daya air, dan mencegah bencana alam," lanjut Moon.

Korea Selatan juga berencana untuk meningkatkan kontribusinya pada dana kerjasama Mekong-Republik Korea," sambung dia.

Dalam KTT Republik Korea-Mekong sebelumnya pada November tahun lalu, keenam negara mengadopsi Deklarasi Sungai Mekong-Han, yang menyerukan penguatan kerja sama di bidang sumber daya alam, pertanian, dan lingkungan melalui berbagi pengalaman. [hen]



Komentar Pembaca
Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Desakan #2021BalikJatidiri

Desakan #2021BalikJatidiri

SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 11:00:00