Berkebun Hidroponik, Sehat Dan Menguntungkan

Lifestyle  SABTU, 14 NOVEMBER 2020 , 19:33:00 WIB | LAPORAN: NIKE CAROLINA

Berkebun Hidroponik, Sehat Dan Menguntungkan
RMOLJateng. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan mengajak untuk di rumah saja ada kalanya memicu rasa bosan.

Salah satu upaya untuk mengusir rasa bosan bisa dengan berkebun hidroponik. Bahkan, tanaman hidroponik ini dapat dikonsumsi dan mengandung nutrisi yang bagus untuk imunitas tubuh.

Dari sekedar hobi berkebun hidroponik, maka terbentuklah Komunitas Remen Berkebun pada 23 September 2020. Komunitas ini dilatari untuk saling bekerjasama dalam budidaya dan pemasaran.

"Meski tiap anggota sama-sama menjalankan hidroponik, namun mereka punya cara masing-masing, ungkap Anggota Remen Berkebun, Aniya Widiyani.

Konsep hidroponik sendiri tidak terlalu susah untuk dilakukan di rumah. Dengan pemberian pupuk yang cukup dan tidak membiarkan akarnya kering, dalam 45 hari tanaman hidroponik sudah bisa dipanen.

Setelah itu, kita juga bisa langsung menanam bibit baru.

"Kita mau membuat image bertani itu gak selalu kotor, kita justru bangga karena kita memperlihatkan kebun kita yang bersih rapi, kita lagi mengajak ke anak-anak muda ayok kita jadi petani bisa tetap anggun," kata Pengusaha sayur hidroponik Sri Lestari, yang juga salah satu anggota Remen Berkebun.

Tugas Tari, sapaan akrabnya, membantu memasarkan produk di komunitas ini. Tari juga sudah cukup lama mengelola kebun hidroponik sekitar empat tahun.

Omzet sempat menurun saat pandemi. Hal ini disebabkan resto dan hotel tidak lagi mengambil sayur dari Crispy Farm.

"Meski pandemi, komunitas berkebun tetap menjaga kualitas kita punya SOP, memberi pupuk, mengatur PH, mengatur nutrisi, menjaga listrik jgn sampai mati. marketingnya kita bisa tawarkan ke lingkungan sekitar," ungkap Tari.

Tak hanya anggota saja, kegiatan komunitas sangat terbuka untuk kalangan umum. Diantaranya tilik kebun. Masyarakat dapat mendaftar untuk panen di kebun salah satu anggota dengan menggunakan sosial media. Tak hanya itu, dengan membayar Rp25 ribu, Komunitas Remen Berkebun menawarkan untuk membagi ilmunya dan pengalaman tentang hidroponik. [hen]




Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang