KPU Jawa Tengah Siapkan Hazmat Di Setiap TPS

Politik  KAMIS, 12 NOVEMBER 2020 , 18:42:00 WIB | LAPORAN: NIKE CAROLINA

KPU Jawa Tengah Siapkan Hazmat Di Setiap TPS
RMOLJateng. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, telah mengatur skema pencoblosan saat pandemi Covid-19.

Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat mengatakan, pihaknya menyiapkan skenario seperti memeriksa suhu tubuh pemilih saat masuk, menyediakan cuci tangan dan hand sanitizer.

"Kami juga mengatur jadwal kedatangan pemilih agar tidak terjadi kerumunan, saat mencoblos nanti," kata Yulianto di Semarang, Kamis (12/11).

KPU juga menyiapkan baju hazmat di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS ) di 21 wilayah di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada 2020.

Selain itu, Yulianto mengungkap KPU Jawa Tengah menambah jumlah bilik suara coblosan. Alasannya, lanjut dia, agar tidak terjadi antrean panjang.

"Baju hamzat ini untuk berjaga-jaga jika ada pemilih yang 'kecolongan' positif Covid-19. Kemudian dari empat bilik suara tersebut, satu diantaranya merupakan bilik khusus. Bilik tersebut akan digunakan bagi pemilih yang suhunya melebihi 37 derajat celcius saat diperiksa sebelum masuk TPS," terangnya.

Yulianto mengaku pihaknya telah menggelar simulasi di Magelang. Menurutnya, simulasi ini untuk mengetahui bagaimana jalannya protokol kesehatan diterapkan.

"Kami simulasi mengatur jadwal kedatangan pemilih, menghadapi pemilih yang tidak pakai masker kemudian ngeyel, dan lain-lain. Ada juga yang pingsan saat di TPS. Ini agar nanti di hari H, bisa menanganinya," tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang