Soroti Soal Netralitas ASN Jelang Pilkada, Bambang Kusriyanto : Itu Sulit

Politik  KAMIS, 12 NOVEMBER 2020 , 12:10:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Soroti Soal Netralitas ASN Jelang Pilkada, Bambang Kusriyanto : Itu Sulit
RMOLJateng. Ketua DPRD Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto, menyoroti soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) jelang Pilkada serentak di Jawa Tengah.

Bambang menilai, menjaga netralitas ASN memang sulit. Menurutnya, ada kepentingan terselubung saat pergantian kepala daerah.

"Netralitas ASN itu hanya slogan. ASN punya kepentingan. Untuk menduduki sebuah jabatan, banyak keputusan politik daripada skill ASN itu sendiri," kata Bambang di Semarang, Kamis (12/11).

Bambang menegaskan, kebanyakan ASN yang tidak netral, biasanya orang yang punya jabatan. Kata dia, ada juga yang menggerakkan staf sebagai kamuflase.

Menurut Bambang, sebenarnya terdapat Undang-undang tentang netralitas ASN. Bahkan hal tersebut diawasi oleh Bawaslu dan Komisi ASN. Namun, tegasnya, tetap saja ada pelanggaran terkait netralitas ASN saat pilkada.

"Seperti yang dikatakan Mahfud MD saat jadi MK. Tidak ada satu pun Pilkada yang tidak money politic di Indonesia. Termasuk netralitas ASN. Ketidaknetralan ASN terlihat saat bergerak masif," ucapnya.

Dari data Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), ada 24 kasus ketidaknetralan ASN di Jateng. Kasus itu tersebar di 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada tahun ini. [jie]






Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang