Presiden Jokowi Minta Tetap Bantu Ekonomi Negara Berkembang

Pendidikan  KAMIS, 29 OKTOBER 2020 , 22:21:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Presiden Jokowi Minta Tetap Bantu Ekonomi Negara Berkembang
RMOLJateng. Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya agar Amerika Serikat (AS) dapat memperpanjang GSP (Generalized System of Preferences) terhadap Indonesia.

GSP merupakan kebijakan AS untuk membantu perekonomian negara berkembang dengan memberi potongan bea masuk impor. Harapan Jokowi sendiri disampaikan ketika menjamu Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (29/10), dikutip dari Kantor Berita RMOL.

"Presiden menekankan bahwa Indonesia ingin melihat kerja sama ekonomi kedua negara meningkat di masa yang akan datang, termasuk harapan terhadap perpanjangan GSP facilities terhadap Indonesia," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan virtualnya usai ikut menghadiri pertemuan.

Dalam pertemuan bilateral dengan Pompeo, Retno sendiri telah menggarisbawahi pentingnya fasilitas GSP, yang menurutnya bukan hanya menguntungkan Indonesia, tetapi juga AS.

Pembahasan mengenai GSP sendiri muncul setelah AS, melalui Kantor Perwakilan Perdagangan (USTR) di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengeluarkan Indonesia dari daftar negara-negara berkembang. Keputusan itu dianggap akan berdampak bagi kebijakan GSP AS terhadap Indonesia. [hen]




Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang