Konsumen Disarankan Tak Campur Pertamax Dengan BBM Ber-RON Di Bawahnya

Ekonomi  SENIN, 26 OKTOBER 2020 , 23:48:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Konsumen Disarankan Tak Campur Pertamax Dengan BBM Ber-RON Di Bawahnya
RMOLJateng. Pertamina tidak merekomendasikan konsumsi BBM ramah lingkungan jenis Pertamax dan Pertamax Turbo dengan bahan bakar yang memiliki RON di bawahnya.

Sales Area Manager Semarang PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Tengah-DIY, Hary Prasetyo mengatakan, saat ini Pertamina memiliki bahan bakar minyak jenis gasoline seperti Pertamax yang memiliki kelebihan yaitu formula PERTATEC (Pertamina Technology), formula zat aditif yang memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin sehingga mesin jadi lebih awet, menjaga mesin dari karat serta pemakaian bahan bakar yang lebih efisien.

"Selain itu, Pertamina juga telah memiliki bahan bakar dengan standar Euro 4 yaitu Pertamax Turbo," katanya.

Menurut dia, konsumen tidak direkomendasikan mengisi kendaraan di bawah angka kompresi kebutuhan atau spesifikasi kendaraan.

"Misalkan jika kendaraan dengan kompresi 10:1 yang membutuhkan BBM dengan RON minimal 92 yaitu Pertamax, sebaiknya konsumen tidak mencampur dengan produk yang memiliki RON di bawah itu," katanya, di Semarang, Senin (26/10).

Dengan mengisi BBM sesuai kebutuhan, kata dia, selain menjaga mesin tetap awet pembakaran, juga menjadikan pembakaran lebih sempurna sehingga tidak menimbulkan polusi yang dapat mengotori lingkungan.

Sementara stunt rider asal Boyolali, Wawan Tembong, menambahkan, banyak konsumen belum menyadari apabila memilih bahan bakar yang kurang tepat justru akan menambah biaya yang lebih tinggi.

"Memang harganya cenderung lebih murah jadi kita bisa ngisi banyak, tapi beberaa waktu berikutnya akan mulai terasa kerusakan-kerusakan mesin akibat bahan bakar yang tidak  sesuai, biayanya malah jadi lebih mahal," katanya. [hen]

Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang