Buntut PO Bus "Kencing" Di Jalan, Dishub Salatiga Minta Perusahaan Terapkan SOP Pengagenan

Nusantara  MINGGU, 25 OKTOBER 2020 , 17:58:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Buntut PO Bus
RMOLJateng. Buntut ketegangan Pengurus Paguyuban Terminal Tingkir Tipe A Salatiga dengan PO bus PO bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang 'nakal' dan kencing di jalan, mematik pengambil kebijakan turun tangan.

Kepala Dishub Kota Salatiga Sidqon Effendy kepada wartawan mengatakan, pihaknya beberapa waktu lalu telah menggelar rapat koordinasi di Salatiga. Hasilnya, petugas gabungan siap menggelar operasi.

"Rapat itu dihadiri perwakilan Ditlantas Polda Jateng langsung. Juga Satlantas serta Dishub mulai dari Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Boyolali hingga Sragen," kata Sidqon Effendy, Minggu (25/10).

Hasilnya, yang memiliki kewenangan soal trayek ada di pusat yakni Kementrian Perhubungan.

Sedangkan permintaan Paguyupan Terminal Tingkir Tipe A Salatiga agar menindak PO bus yang nakal karena enam PO bus AKAP sejak satu tahun terakhir enggan masuk ke Terminal Tingkir Tipe A Salatiga.

Keenamnya kencing di jalan alias mengambil penumpang di terminal bayangan Karanggede, Kabupaten Boyolali, dikatakan Sidqon sepenuhnya kewenangan Kementerian Perhubungan.

"Minta agar Dishub Kota Salatiga untuk menindak enam PO bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang nakal jelas kami tidak bisa, karena bukan kewenangan kami. Demikian pula dengan UPTD," tandasnya.

Namun demikian, hasil dari koordinasi di Salatiga beberapa waktu lalu itu menyebutkan Dishub serta Satlantas siap menggelar operasi gabungan.

"Siap menggelar operasi gabungan. Kami juga menghimbau PO bus bagaimana aturan mengenai peng-agen-an agar lebih diperhatikan. SOP harus jelas. Dilapangkan pasti ada rebutan di lapangan. Yang jelas perlu dikomunikasikan dan tidak mengambil tindakan sendiri," paparnya.

Apakah ada egosentris di lapangan, Sidqin enggan mengamini. Namun ia berharap antar PO bus dan paguyupan tidak sampai ada gesekan di lapangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pengurus Paguyupan Terminal Tingkir Tipe A Salatiga sempat mendatangi DPRD Salatiga hingga mencegat bus AKAP yang kencing di jalan menggunakan jalan tikus yakni dari Karanggede-Suruh dan langsung masuk ke exit tol Tingkir tanpa masuk terlebih dahulu ke Terminal Tingkir.

Kondisi itu dikhawatirkan lambat laun mematikan perekenomian Terminal Tingkir, Salatiga. [jie]

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00