Assessment for The Learning Humanistic (AfL-H) Model Ala Prof Winarno

Pendidikan  SELASA, 20 OKTOBER 2020 , 18:43:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Assessment for The Learning Humanistic (AfL-H) Model Ala Prof Winarno
RMOLJateng. Assessment for The Learning Humanistic (AfL-H) Model dalam Pembelajaran menjadi judul yang diambil Prof. Winarno dalam pengukuhan dirinya sebagai Guru Besar Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd, di Auditorium Kampus I IAIN Salatiga., Selasa (20/10).

Acara dibalut dalam Sidang Senat Terbuka dan dilakukan secara virtual melalui aplikasi pertemuan online dan hanya menghadirkan anggota senat secara langsung oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin sebagai upaya mencegah persebaran dan penularan virus Covid-19.

Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd menjelaskan, dengan model AfL-H akan diperoleh inovasi metode pembelajaran guna menggali, memahami.

"Sekaligus menjelaskan/mendeskripsikan pembelajaran, serta menjajaki metode inovatif yang teruji dalam mengatasi persoalan pembelajaran," kata Prof. Dr. Winarno.

Untuk itu, perlibatan mahasiswa secara aktif dalam pembelajaran, pengefektifan umpan balik sekaligus pemanfaatan hasil penilaian berguna untuk memotivasi dan menyadarkan mahasiswa agar mau belajar sehingga kesuksesan bisa diraih.

Model AfL-H, ungkapnya, peserta didik diarahkan untuk termotivasi, dan menumbuhkan kesadaran, kepercayaan diri.
"Serta tanggung jawab untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dalam kelas," papar Guru Besar bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan/Pembelajaran ini, lugas.

Kepala Program Studi Tadris Matematika FITK IAIN Salatiga tersebut menuturkan, memaknai proses pengalaman belajarnya sendiri serta memahami potensi diri.
"Sehingga peserta didik
bisa mengembangkan potensi diri yang positif dan menekan potensi diri negatif," imbuhnya.[dit]



Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00