Rektor IAIN Salatiga Ingin Guru Besar jadi Kaprodi

Pendidikan  SELASA, 20 OKTOBER 2020 , 17:55:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Rektor IAIN Salatiga Ingin Guru Besar jadi Kaprodi
RMOLJateng. IAIN Salatiga akan menempatkan guru besar sebagai kepala program studi (Kaprodi) saat beralih status menjadi UIN.  

Proyeksi ini disampaikan Rektor Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin pada Sidang Senat Terbuka dalam Rangka Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd, di Auditorium Kampus I IAIN Salatiga, Selasa (20/10).  

Ia menyampaikan, di masa yang akan datang, UIN Salatiga akan menargetkan guru besar ditempatkan sebagai kepala program studi.

"Karena seorang guru besar/profesor adalah ahli yang paling tahu mengenai seluk-beluk sebuah program studi/keilmuan. Hal seperti ini sangat wajar di perguruan tinggi luar negeri, dan akan mulai kita wajarkan juga di sini," kata Prof. Dr. Zakiyuddin.

Dengan salah satu indikator/ variabel untuk alih status adanya guru besar di setiap fakultas, maka dari itu dirinya meminta para dosen untuk terus berusaha mengejar predikat profesor.

Di masa yang akan datang, IAIN Salatiga juga akan memberikan stimulan dan penghargaan untuk para dosen yang aktif dalam penulisan ilmiah.

Hal itu adalah salah satu upaya untuk mendorong semangat para dosen mencapai predikat guru besar.

"Memperbanyak jumlah guru besar adalah hal yang baik. Saat ini, IAIN Salatiga adalah salah satu institusi di lingkungan IAIN se-Indonesia yang memiliki jumlah guru besar terbanyak. Capaian ini akan menjaga eksistensi kampus kita di tengah percaturan dunia akademik yang makin keras," pungkasnya.

Tak lupa, ia mengucapkan selamat dan sukses kepada Prof. Winarno yang sudah mencapai gelar guru besar.

"Capaian ini bisa jadi momentum untuk mendorong sivitas akademik IAIN Salatiga terus berusaha meraih pendidikan tertinggi dan memotivasi para dosen agar segera mendapat gelar guru besar," tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00