Ina Priyono Dan Rorokenes Goes To Mercedes Benz Fashion Week Russia 2020

Lifestyle  SELASA, 20 OKTOBER 2020 , 13:55:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Ina Priyono Dan Rorokenes Goes To Mercedes Benz Fashion Week Russia 2020
RMOLJateng. Kota Semarang patut berbangga. Pasalnya, dua IKM Kota Semarang berhasil mewakili Indonesia dalam Mercedes Benz Fashion Week Russia 2020 yang akan digelar pada 23 Oktober 2020.

Kedua IKM tersebut yakni Rorokenes (brand artisan tas anyaman kulit juga kain) dan Ina Priyono (rumah mode modest fashion) Kota Semarang.

Syanaz, owner Rorokenes kepada wartawan mengatakan, perjalanan Rorokenes dan Ina Priyono dapat masuk dalam ajang Mercedes Benz Fashion Week Rusia 2020 terbilang cukup lama.

"Proses masuknya Rorokenes dan Ina Priyono ke ajang Mercedes Benz Fashion Week Russia 2020 ini cukup melelahkan, mulai dari seleksi oleh Bank Indonesia Jawa Tengah pada Februari 2020 tingkat regional sampai seleksi tingkat nasional," ujar Syanaz, Selasa (20/10/2020).

Lebih jauh Syanaz mengatakan, setelah dinyatakan lolos seleksi tingkat regional, seleksi selanjutnya di tingkat nasional oleh DESK Bank Indonesia dan Dewan IKRA.

"Dalam seleksi nasional terpilih sekitar 90 IKM dari berbagai sektor, makanan dan minuman, fashion, craft dari seluruh Indonesia untuk menjadi anggota IKRA 2020," tambah Syanaz.

IKRA sendiri lanjut Syanaz, adalah Industri Kreatif Syariah Indonesia dan sudah berjalan dari tahun 2018 sampai dengan 2020 yang bertujuan bagaimana Bank Indonesia menyiapkan IKM secara matang agar dapat bersaing secara global, dengan mengangkat konten lokal yang ada, terutama agar Indonesia dapat menjadi leading dalam halal industri secara menyeluruh.

Lebih jauh Syanaz mengatakan, event Mercedes Benz Fashion Week Russia  2020  dilakukan secara offline setiap satu tahun sekali dan menjadi agenda tahunan.

"Dikarenakan karena pandemi Covid-19,  maka event ini dilakukan secara online, dengan streaming kepada 150 platform di Russia, Eropa Timur, Timur Tengah dan Afrika," tambah Syanaz.

Dalam ajang tersebut lanjut Syanaz, akan mengangkat tas Anyaman Gedek. Ini untuk menunjukkan Bhineka Tunggal Ika dan Gedek sendiri untuk mengingatkan tradisi jaman dulu.

Sementara itu Ina Priyono menambahkan, setelah terpilih untuk menjadi anggota IKRA, Rorokenes dan Ina Priyono wajib mengikuti program coaching juga mentoring secara intensif selama tiga minggu yang dilakukan online setiap hari.

"Dalam coaching dan mentoring ini, Rorokenes dan Ina Priyono di drill seluk beluk fashion industri hingga digital marketing. Dari perjalanan mengikuti program IKRA ini lah kami mengikuti kurasi dan terpilih untuk dapat membawa nama Kota Semarang, Jawa Tengah dan Indonesia dalam ajang Mercedes Benz Fashion Week Russia 2020," tambah Ina Priyono.

Selain terseleksi kurasi untuk mengikuti Mercedes Benz Fashion Week Rusia 2020 lanjut Ina Priyono, kedua IKM tersebut juga akan terlibat dalam rangkaian ISEF (Indonesia Sharia Economic Festival).

"Rorokenes dan Ina Priyono juga akan terlibat dalam ISEF yakni event ekonomi dan keuangan syariah terbesar juga terdepan di Indonesia yang mengintergrasikan pengembangan sector keuangan dengan perekenomian sector riil. Di mana Bank Indonesia menjadi leading institusinya," pungkas Ina Priyono.

Dalam ajang Mercedes Benz Fashion Week Russia 2020, Ina Priyono sendiri akan mengangkat Batik Lasem dimana tiap motif yang tertuang merupakan hasil akulturasi budaya Tiongkok dan Jawa.

Daniel Agus Prasetyo, Manager Humas Bank Indonesia juga mengatakan, kurasi dan seleksi yang dilakukan untuk dapat mengikuti Mercedes Benz Fashion Week Russia 2020 terbilang cukup ketat.

"Selain kurasi secara nasional, juga kurasi dari tim curator penyelenggara Mercedes Benz Fashion Week Rusia 2020 itu sendiri," ujar Daniel.

Bank Indonesia mendorong IKM mitra untuk terus memberikan inovasi dalam produknya. Bank Indonesia memfasilitasi IKM untuk tampil ke tingkat internasional bukan pada tujuan profit tapi mendorong export dalam negeri untuk memperkuat nilai rupiah, sehingga semakin mudah stabilisasi nilai tukar rupiah maka usaha semakin stabil.

"Tahun ini ada dua IKM dilakukan kurasi dewan IKRA sebelum akhirnya masuk dalam ajang Mercedes Benz Fashion Week Russia 2020," ujarnya.

Untuk diketahui, ajang Mercedes Benz Fashion Week Russia 2020 adalah fashion event terbesar di Russia, Eropa Timur, Timur Tengah dan Afrika (Eropa Timur dan EMEA ).  

Acara ini pun menjadi ajang peliputan bagi banyak media internasional, khususnya di bidang mode. Seperti Vogue, Harper Bazaar, WMJ, dll.

Penyelenggaraan ajang internasional akan digelar secara virtual pada 23 Oktober 2020 pukul 18.30 melalui kanal ISEF, Youtube dan di streaming juga relay kembali di 150 kanal berita di Russia juga Uni Eropa Timur. [jie]

Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang