Sempat Ditolak, Donald Trump Akhirnya Bantu Bencana Kebakaran California

Dunia  SABTU, 17 OKTOBER 2020 , 10:32:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Sempat Ditolak, Donald Trump Akhirnya Bantu Bencana Kebakaran California
RMOLJateng. Presiden Donald Trump telah menyetujui pengajuan dana bantuan federal untuk kebakaran hutan California.

Dana itu dibutuhkan untuk membersihkan kerusakan dari enam kebakaran besar baru-baru ini. Keputusan Trump itu sangat mengejutkan pemerintahannya, yang sebelumnya telah menolak, dikutip dari Kantor Berita RMOL.

Gubernur California Gavin Newsom, mengabarkan hal itu pada Jumat (16/10) dengan rasa suka cita.

Baru saja menelepon Presiden Trump yang telah menyetujui permintaan bantuan untuk bencana besar kami," kata Gavin Newsom dalam sebuah pernyataan.

Ia sangat bersyukur permintaannya mendapat respon yang cepat.

Sebelumnya, pemerintahan Trump awal pekan ini telah menolak permintaan California untuk bantuan bencana besar karena Newsom tidak memberikan perincian pembiayaan dengan tepat. Saat ini sebagian wilayah masih dilahap api, seperti dikutip dari AP.

Musim panas ini, Presiden Trump dengan cepat menyetujui bantuan kebakaran hutan untuk Negara Bagian California yang didukung oleh perkiraan kerusakan. Pada kenyataannya, minggu ini Presiden kembali menyediakan bantuan bencana tambahan untuk California dengan mengizinkan peningkatan tingkat pendanaan Federal menjadi 100 persen untuk pembersihan puing-puing dan tindakan perlindungan darurat yang dilakukan sebagai akibat dari kebakaran hutan, mulai 14 Agustus 2020, dan berlanjut," Wakil sekretaris pers Gedung Putih, Judd Deere, merilis pernyataan tersebut.

"Pengajuan California yang terbaru dan terpisah tidak didukung oleh data relevan yang semestinya diserahkan ke Negara untuk persetujuan, tetapi Presiden telah menyetujui dengan FEMA Rekomendasi Administrator," lanjut pernyataan itu.

Belum ada penjelasan mengenai alasan Donald Trump mengubah keputusannya dan melangkahi keputusan pemerintahannya sendiri. Salah satu senat California, Tom McClintock, mengatakan pada Jumat bahwa "Deklarasi Bencana Presiden akan segera datang dan bantuan sedang dalam perjalanan." [hen]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00