Objek Wisata Dirombak Jadi Tempat Kuliner

Daerah  SELASA, 13 OKTOBER 2020 , 11:18:00 WIB | LAPORAN: TULUS PREMANA

Objek Wisata Dirombak Jadi Tempat Kuliner
RMOLJateng. Dinas Pariwisata dan Pemuda dan Olahraga (Dinparpora) Wonogiri akhirnya menutup mata, perihal pengalihan objek wisata menjadi tempat kuliner.

"Jadi prinsipnya, para pengelola tempat wisata tetap tidak boleh membuka objek wisata dengan memungut biaya masuk. Namun kita sadari bersama bahwa mengelola objek wisata membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Untuk itu kita menutup mata bila ada pengelola objek wisata yang kini beralih fungsi jadi tempat kuliner,” kata Sentot Kepala Dinas Parpora Wonogiri saat sitemui RMOLJateng di Pemkab Wonogiri, Sujarwoko, Selasa (13/10).

Sentot menjelaskan, di Wonogiri memang sudah ada beberapa tempat wisata yang kini beralih ke tempat kuliner.

Jadi di lokasi wisata, dibangun sebuah rumah makan atau tempat wedangan. Para pendatang dipersilahkan menikmati hidangan di tempat yang mereka suka. Jadi dengan cara ini para pengunjung malah bisa menjaga jarak, dan tentunya pemilik objek wisata tetap melakukan protokol covid," jelasnya

Hal yang dilakukan para pemilik objek wisata, lanjut Sentot, mereka menaikkan sedikit harga makanan yang dijual untuk menutup biaya operasional.

Contoh, bila segelas es teh biasa dijual 3000 ribu, di tempat tersebut dihargai Rp10.000 ribu," papar Sentot.

Ketika ditanya yang melakukan hal seperti itu objek wisata mana saja, Sentot enggan menyebut namun yang pasti bukan milik Pemkab. Itu objek wisata milik swasta. "Kalau Objek wisata milik Pemkab, sejak Maret sampai sekarang belum buka," tegasnya.

Terpisah, Andi Eka Setyawan, pemilik Restauran Kitagawa Pesona Bali yang ada di Kecamatan Sidiharjo, Wonogiri, mengakui kalau sebelum pandemi corona, Kitagawa merupakan tempat wisata yang bernuansa bali.

Kita pernah tutup beberapa bulan karena objek wisata tidak boleh beroperasi. Namun karena biaya operasional cukup tinggi, dua bulan belakangan ini kita buka dengan nuansa restoran. Dimana, reatoran yang kita bangun telah kita sesuaikan dengan protokol covid. Artinya, saat masuk, pengunjung dicek suhu, handsanitizer dan tentunya jaga jarak di dalam area,” jelasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang