DPRD Jateng Berharap Wajah Baru Tawangmangu Resort Mampu Dongkrak PAD

Pemerintahan  SELASA, 13 OKTOBER 2020 , 08:40:00 WIB | LAPORAN: ADITYA ILYAS SAPUTRA

DPRD Jateng Berharap Wajah Baru Tawangmangu Resort Mampu Dongkrak PAD
RMOLJateng. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah berharap wajah baru Camping Tawangmangu Resort (CTR) mampu dioptimalkan serta mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu diungkapkan Komisi C DPRD Provinsi Jateng saat menggelar monitoring perkembangan dan pengelolaan yang dikelola Perusahaan Pariwisata (PP) Tawangmangu, yang merupakan Satker Perusda Citra Mandiri Jateng (CMJT) di Kawasan Wisata Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Senin (12/10/2020).

Disana, Komisi C bersama Dirut Perusda Citra Mandiri Jateng (CMJT) Agung Rochmadi dan jajarannya membahas kinerja CTR dengan tampilan baru ‘Tawangmangu Wonderpark’ pada 2020 ini.

Pengembangan CTR yang dikerjasamakan CMJT dengan PT Wisata Lawu Tawangmangu (WLT) sejak September 2020 itu mendapat apresiasi dari Komisi C DPRD Provinsi Jateng.

Pada kesempatan itu, Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng Asfirla Harisanto berujar, berkat kerjasama kedua pihak, aset seluas 71.077 meter persegi yang diubah menjadi ‘Tawangmangu Wonderpark’ itu, kini pembangunannya mulai tampak wujudnya seperti cottage, camping coffee, playground, kolam renang, ATV (all terrain vehicle), wonder bridge, trek berkuda, dan sejumlah spot selfie.

Menurut Ketua Komisi C yang biasa disapa Bogi itu, selama ini aset daerah di Tawangmangu belum dapat dioptimalkan. Setelah dikerjasamakan dengan pihak ketiga, CTR dengan tampilan baru ‘Tawangmangu Wonderpark’ sudah mulai tampak sebagai taman bermain sekaligus kawasan camping yang lengkap fasilitasnya.

Insya Allah, setelah dioperasikan untuk publik pada Desember nanti, Satker Pariwisata milik CMJT itu bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang tinggi. Dan, Komisi C optimis aset-aset lain yang tidak dapat menghasilkan PAD alias mangkrak atau aset-aset yang menghasilkan PAD tapi minimalis perlu dikerjasamakan dengan investor (pihak ketiga) karena lebih menguntungkan dibanding dikelola sendiri. Seperti CMJT itu, per tahun pasti Rp 240 juta masih ditambah revenue 10 persen pendapatan dan kenaikan sewa per tahun 10 persen juga dalam perpanjangan sewa,” jelas Politikus PDI Perjuangan itu.

Senada, Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jateng Agung Budi Margono juga mengapresiasi langkah CMJT mengoptimalkan aset Tawangmangu melalui kerjasama dengan investor (pihak ketiga) dan sebetulnya Komisi C sedang mendorong perusahaan-perusahaan daerah yang mengelola pariwisata atau perhotelan untuk membentuk holding tersendiri.

Dengan begitu, pengelolaan holding itu sendiri akan mendorong pariwisata di Jateng.
Saya pikir kalau kita punya roadmap ke depan dengan membentuk holding terhadap unit-unit usaha di perusahaan daerah itu sangat bagus,” tutur Politikus PKS itu.

Sedangkan, Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jateng Maria Tri Mangesti menguatkan dengan menyebut langkah CMJT menjadi terobosan yang bagus. Mengingat sebagai BUMD, apalagi CMJT sudah menjadi Perseroda, harus bersikap-tindak semi profesional dan tidak sepenuhnya menggantungkan pada Pemprov Jateng.

Hanya saja dalam memilih partner kerjasama harus dilakukan secara hati-hati, profesional dan melalui due diligence.
Tinggal masalah pengawasan harus melekat, jangan sampai ada pelanggaran terhadap detil dari perjanjian yang ada,” tutur Politikus PDI Perjuangan itu.

Komisi C saat monitoring perkembangan dan pengelolaan CTR yang dikelola PP Tawangmangu  di Kawasan Wisata Tawangmangu Kabupaten Karanganyar
Seperti dipaparkan Dirut CMJT Agung Rochmadi, kerjasama dengan PT WLT berjangka 4 tahun sampai 2024.

Dengan sewa per tahun Rp 240 juta plus pajak, masih dikenai kenaikan sewa 10% per tahun dan sharing revenue (pendapatan) sebesar 10%.

Seluruh karyawan CTR dialihkan otomatis menjadi karyawan tetap PT WLT. Itu semua upaya kami untuk mengoptimalkan aset Pemprov Jateng di Tawangmangu,” ujar Agung.[adv]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00