IAIN Surakarta Dan Muhammadiyah Bidik Karanganyar Jadi Lokasi Kampus Baru

Pendidikan  SELASA, 06 OKTOBER 2020 , 15:34:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

IAIN Surakarta Dan Muhammadiyah Bidik Karanganyar Jadi Lokasi Kampus Baru
RMOLJateng. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta berencana perluas kampusnya di Kabupaten Karanganyar sebagai wujud peningkatan Pendidikan masyarakat.

"Perluasan pembangunan kampus untuk mewujudkan pemerataan pendidikan. Rencananya akan ada beberapa jurusan/fakultas pembangunan kampus di Karanganyar,” papar Rektor IAIN Surakarta, Prof. Dr. Mudofir, Selasa (6/10).

Sebelumnya Pemkab Karanganyar menyetujui pembangunan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Pemkab Karanganyar sudah siap menghibahkan tanah milik Pemkab seluas sepuluh hektar yang akan diserahkan pada IAIN Surakarta tanpa syarat.

"Diharapkan dengan berdirinya kampus diharapkan multiplier effect dari keberadaan kampus itu akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, peningkatan SDM. Secara otomatis akan menggerakkan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," tuturnya.

Bukan hanya IAIN Surakarta yang akan membangun kampus di Karanganyar. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, juga berencana membangun perguruan tinggi di Karanganyar. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan sarana dan prasarana pendiriannya. Termasuk persiapan lahannya.

"Selama ini Muhammadiyah sangat concern dengan dunia pendidikan. Dan kami berencana mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah," jelas Ketua PDM Karanganyar Samsuri.

Ditambahkan Samsuri potensi di  Karanganyar sangat cukup untuk mendirikan universitas. Ada beberapa pilihan terkait pendirian perguruan tinggi.  Apakah nantinya akan mandiri (berdiri sendiri)  merintis dari awal atau nanti akan  bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang sudah ada.

"Apakah bentuknya nanti mulai dengan sekolah tinggi, atau institut atau langsung universitas masih akan diputuskan nanti. Terlebih lagi perguruan tinggi di bidang kesehatan juga sangat menjanjikan, bisa untuk memenuhi kebutuhan RS PKU Muhammadiyah sendiri," pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00