Tangkal Radikalisme, Perlu Cara Kekinian Agar Cepat Dipahami Masyarakat

Nusantara  KAMIS, 01 OKTOBER 2020 , 10:37:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Tangkal Radikalisme, Perlu Cara Kekinian Agar Cepat Dipahami Masyarakat
RMOLJateng. Pemerintah Republik Indonesia perlu terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait penangkalan paham radikal di Indonesia.

Hal ini diungkap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, usai mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual, Kamis (1/10).

Menurutnya, cara dan metode terkait edukasi tersebut dapat dilakukan dengan memenuhi unsur masa kini. Hal tersebut agar penangkalan isu radikalisme dapat diterima masyarakat secara cepat dan masif.

"Kalau dulu modelnya penataran, di ruang tertutup dan sifatnya klasikal, maka sekarang mesti dibuat yang lebih menarik. Dengan video, dengan pemanfaatan media sosial dan lainnya," kata Ganjar, di Semarang.

Menurutnya, media sosial saat ini sudah digempur dengan banyak isu yang melawan Pancasila. Untuk itu, saatnya mengisi media sosial dengan isu-isu Pancasila agar masyarakat bisa mendapatkan inspirasi untuk berbuat baik.

Ganjar berpendapat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus menindak tegas pihak-pihak yang mengganggu Pancasila.

"Ya isu gotong royong, tolong menolong, menghormati perbedaan alias toleransi dan lainnya. Yang begini-begini ini harus memenuhi semua media, termasuk media sosial," tegasnya.

Ganjar juga meminta masyarakat tetap menjaga kesaktian Pancasila. Siapapun masyarakat, dari generasi apapun harus terus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang Pancasila kepada lainnya. [jie]





Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00