Korea Utara Beri Peringatan Korea Selatan Beraktivitas Di Perbatasan Cari Jenazah

Dunia  MINGGU, 27 SEPTEMBER 2020 , 22:48:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Korea Utara Beri Peringatan Korea Selatan Beraktivitas Di Perbatasan Cari Jenazah
RMOLJateng. Korea Selatan beraktivitas di perbatasan untuk mencari jenazah pejabat yang tewas pekan lalu. Korea Utara memberikan peringatan aktivitas tersebut.

Kantor Berita Resmi KCNA pada Minggu (27/9) melaporkan, pihak berwenang Korea Utara tengah mempertimbangkan cara untuk menyerahkan jenazah pejabat tersebut jika ditemukan oleh pihaknya.

Alih-alih, militer Korea Selatan terus berada di perbatasan yang memicu ketegangan dua negara.

"Kami mendesak pihak selatan untuk segera menghentikan intrusi di garis demarkasi militer di laut barat yang dapat menyebabkan peningkatan ketegangan," demikian bunyi laporan KCNA, dikutip dari Kantor Berita RMOL.

Di dalam laporan tersebut juga disebutkan saat ini Korea Utara memulai proses pencarian mandiri untuk menemukan jenazah pejabat Kementerian Kelautan dan Perikan Korea Selatan yang tewas ditembak oleh pasukan Korea Utara di perairan dekat pulau Yeonpyeong. Kemarin, Jumat (25/9),

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah menyampaikan permintaan maaf dan penyesalannya kepada Presiden Moon Jae-in dan rakyat Korea Selatan melalui komunike yang dikirim Departemen Front Unifikasi Utara.

"Saya meminta maaf kepada Presiden Moon Jae-in dan rekan senegaranya di selatan atas insiden malang yang terjadi di perairan kami," begitu pernyataan Kim yang dikutip dari Korea Herald.

Di dalam pesannya, Kim menjelaskan, pejabat berusia 47 tahun tersebut ditembak 10 kali oleh pasukan Korea Utara sesuai prosedur karena ia tampak mencurigakan. Pasalnya, pria yang diduga hendak membelot ke Korea Utara tersebut tidak memberikan jawaban ketika ditanya oleh pasukan.

Sementara dugaan bahwa Korea Utara membakar jenazahnya adalah salah. Kim mengklarifikasi, militernya hanya membakar barang mengambang yang membawa pria tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19. [hen]



Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00