Mahasiswa Elektro USM Juarai Lomba Krenova Kota Semarang 2020

Pendidikan  MINGGU, 27 SEPTEMBER 2020 , 10:32:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Mahasiswa Elektro USM Juarai Lomba Krenova Kota Semarang 2020
RMOLJateng. Mahasiswa Universitas Semarang (USM) menjuarai Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) kategori mahasiswa tahun 2020 Kota Semarang.

Tim mahasiswa Teknik Elektro USM, Endra Rahmawan, Muhammad Irsyadur Ramadhan, Riyan Bagas Firmansyah berhasil meraih juara 1 usai mempresentasikan karyanya dengan judul 'Alat Test SWAB PCR portable Tiny Lab'.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan USM, Dr Supari MT, mengapresiasi dan bersyukur atas prestasi yang diraih mahasiswanya tersebut.

Dia berharap prestasi tersebut dapat memacu dan mendorong mahasiswa lainnya untuk senantiasa berkarya meskipun saat pandemi Covid-19.

"Semoga prestasi mahasiswa kami bisa terus dipertahankan. Dan mahasiswa lainnya dapat terus berkarya," kata Supari, Minggu (27/9).

Supari mengungkap, dalam waktu dekat tim robot mahasiswa elektro juga akan berlaga dalam Kontes Robot Indonesia.

"Kami juga targetkan untuk dapat meraih juara dalam ajang tersebut," tandasnya.

Salah satu anggota tim elektro mahasiswa, Endra Rahmawan, mengatakan cara kerja alat PCR Tiny Lab ini, mengambil sampel tes dari spesimen lalu campur sampel dari spesimen tersebut dengan reagen dalam mikrotube.

Setelah itu masukkan sampel di microtube kedalam centrifuge dengan waktu kurang lebih 45 detik sampai dengan 1 menit dengan kecepatan 2500rpm.

"Fungsi dari centrifuge ini adalah memisahkan partikel dengan kerapatan yang berbeda setelah itu masukan microtube kedalam alat thermocycler dalam alat ini mempunyai 3 tahapan," papar dia.

Tim mahasiswa elektro Universitas Semarang menyisihkan mahasiswa Unnes yang menempati posisi 2 dan Polines pada posisi 3. [jie]





Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00