Smart Protocol Dan Era Baru Dunia Penerbangan

Nusantara  JUM'AT, 25 SEPTEMBER 2020 , 20:34:00 WIB | LAPORAN: ADITYA ILYAS SAPUTRA

Smart Protocol Dan Era Baru Dunia Penerbangan
RMOLJateng. Industri penerbangan harus mempersiapkan diri menyambut dunia setelah vaksin Covid-19 ditemukan dan masyarakat dapat kembali bepergian.

Pasalnya, meski virus corona telah hilang, kondisi normal seperti sebelum adanya pandemi tidak akan kembali. Perilaku masyarakat akan berubah, khususnya dalam memandang kesehatan.

Untuk itu, Wakil Kepala CSE Aviation, Samudra Sukardi menuturkan, para maskapai penerbangan harus mempersiapkan diri menerapkan smart protocol.

Berbicara dalam webinar Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) bertajuk "The Contribution of Indonesia Aviation Industry Toward Escaping From Covid-19 Pandemic" pada Jumat (25/9), Samudra menuturkan, smart protocol haruslah mengadopsi tiga hal.

Tiga hal tersebut di antaranya Internet of Things (IoT), Internet of Systems (IoS), dan Internet of Data (IoD). Semua itu harus dilakukan dengan serius.

"Saya usulkan, post pandemic harus smart protokol, menerapkan mobilitu as a service yang meminimalisir adanya kontak fisik," terangnya.

Mantan CIO Garuda Indonesia Airways itu menjelaskan, pelayanan dapat dilakukan dengan sebuah gawai. Di mana gawai tersebut dapat dimanfaatkan untuk booking, ticket, priority gate, check in, inflight entertainment, hingga baggage claim.

Terkait hal pembayaran pun dapat dilakukan menggunakan barcode. "Ini sudah bsa dilakukan Gojek. Mereka bisa, kenapa airline gabisa?" pungkasnya.[dit]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00

Operasi Masker Di Kawasan Simpanglima Semarang

Operasi Masker Di Kawasan Simpanglima Semarang

SELASA, 15 SEPTEMBER 2020 , 15:03:00