Hendi Serahkan Paket Ketahanan Pangan Bagi Warga Terdampak Covid-19

Nusantara  JUM'AT, 25 SEPTEMBER 2020 , 16:22:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Hendi Serahkan Paket Ketahanan Pangan Bagi Warga Terdampak Covid-19
RMOLJateng. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyerahkan paket ketahanan pangan berupa 200 paket ternak lele dalam ember dan 200 paket bibit sayuran di halaman Kantor Kecamatan Semarang Utara, Jumat (25/9/2020).

Paket tersebut diserahkan kepada 100 penerima manfaat warga Kota Semarang yang terdampak ekonomi karena pandemi Covid-19.

Paket ternak lele dalam ember ini adalah bagian program Ketahanan pangan yang diinisiasi Tim Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Dalam sambutannya, Hendi, panggilan akrab Wali Kota berpesan kepada warga bahwa pandemi Covid-19 ini belum ada yang tahu kapan berakhir, tetapi warga jangan takut beraktivitas asalkan selalu berhati-hati.

"Kita harus selalu terapkan 4M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan yang terakhir membaca doa agar Allah selalu melindungi kita," pesan Hendi.

Lebih lanjut Hendi memberikan apresiasi atas program Ketahanan Pangan tersebut karena langsung diberikan perkeluarga, sehingga nanti terlihat mana keluarga yang rajin merawat akan mendapat hasil yang baik.

"Saya sangat mengapresiasi pemberian program ketahanan pangan ini, karena langsung menyentuh masyarakat. Bagi penerima program ini, saya minta untuk menjaga dan merawatnya sehingga hasilnya akan bagus," tambah Hendi.

Sementara itu, Sri Rahayu, Koordinator Kota Semarang Tim Relawan Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, untuk Kota Semarang, program Ketahanan Pangan ini diberikan dua paket yaitu 200 paket ternak lele dalam ember dan 200 paket bibit sayuran di media tanam yang bisa dilakukan di lahan sempit.

"Total di kota Semarang ada 400 penerima manfaat atau keluarga terdampak ekonomi karena Covid-19. Penerimaan paket-paket ini dimulai tanggal 25 September 2020 dan secara bertahap akan dituntaskan sampai awal Oktober 2020," ujarnya.

Dalam pendistribusian paket lanjut Sri Rahayu, Tim Relawan Kota Semarang juga bekerja sama dengan Pengabdian Masyarakat dari Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Undip.

"Satu paket lele dalam ember kami berikan pada satu keluarga. Ada 50 ekor dalam satu ember dan juga pakan lele sebanyak 6 kg," kata Sri Rahayu.

Program Ketahanan Pangan dari Tim Relawan bertujuan membantu masyarakat yang terdampak ekonomi karena pandemi Covid-19. Lewat program ini diharapkan penerima manfaat mendapatkan kail” sehingga dapat terus memancing ikan”. Program ini juga untuk menjaga kecukupan gizi bagi masyarakat terdampak.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Tim Koordinator Relawan Bidang Pendukung Program Ketahanan Pangan akan dilakukan juga di beberapa kota/kabupaten di Jawa Tengah.

Selain Kota Semarang yakni di Kabupaten Semarang, Salatiga, Magelang, Solo, Wonogiri dan Tegal.

"Program ini sifatnya inisiasi. Untuk selanjutnya kami berharap dilanjutkan oleh masing-masing daerah," tambah  Solahuddin Aly, Koordinator Jawa Tengah Tim Relawan Satgas Penanganan Covid-19.

Program Ketahanan Pangan di Jawa Tengah, selain berupa paket lele dalam ember, paket sayuran dalam media tanam/polybag, juga ada paket ternak ayam kampung.

"Penyerahan paket bantuan Ketahanan Pangan di Jawa Tengah ini berjalan dari bulan September sampai bulan Oktober dan diharapkan terus dapat bergulir," pungkas Solahudin. [jie]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00