Tiga Tim Robotic UMS Ikuti Kontes Robot Indonesia Virtual

Nusantara  JUM'AT, 25 SEPTEMBER 2020 , 15:30:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Tiga Tim Robotic UMS Ikuti Kontes Robot Indonesia Virtual
RMOLJateng. Tiga tim Robotic Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), siap berlaga dalam kontes robot Indonesia, yang akan digelar secara virtual.

Tim Megalodon berlaga di Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Tim Adisha berlaga di Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Tim ER El Ganador berlaga di Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI).

"Masing-masing kategori ada temanya, kategori KRPAI disesuaikan pandemi covid-19 dibagi penyemprotan disenfektan dan pemadaman kebakaran. Tema KRSTI ialah Tari Enggang dari Dayak. Dan untuk kategori KRTI yang di kompetisikan hanya design perencanaan saja," kata Wakil Rektor III UMS, Prof. Taufik Kasturi, saat menyaksikan demo pra lomba di Auditorium Moh Djazman UMS Sukoharjo, Jumat (25/9).

Walau dilaksanakan secara virtual namun penilaian dilakukan secara ketat. Untuk satu robot saja akan di shoot dari berbagai sisi  menggunakan beberapa kamera yang semuanya terkoneksi ke Zoom.

Turut menambahkan, Kabag Penalaran, Kreativitas dan Softskill, Ir. Ahmad Kholid Al-Ghifari, bahwa UMS telah mengikuti kontes robotic kurang lebih lima kali untuk kategori KRPAI dan KRSTI.

"Tahun kemarin divisi KRPAI sudah lolos sampai Nasional dan KRSTI lolos regional, sedang KRTI itu baru tahun ini kami ikut serta," tambahnya.

Salah satu ketua tim, Bima Eka mengatakan, robot yang kami buat  telah dilengkapi  sensor api  yang bisa mendeteksi api yang berada di sekitarnya yang harus dipadamkan. Ia optimis timnya bisa lolos sampai tahap selanjutnya.

"Kami optimis bisa lolos di tahap selanjutnya, pasalnya kami telah memersiapkan ini sudah satu tahun lamanya. Kemudian perangkat yang kami gunakan sudah cukup mumpuni dan sudah kami uji coba berulang kali," jelasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00