Kementrian Pertanian Temuin Fakta Banyak Petani Tak Tahu Cara Pakai Kartu Tani

Nusantara  RABU, 23 SEPTEMBER 2020 , 22:55:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Kementrian Pertanian Temuin Fakta Banyak Petani Tak Tahu Cara Pakai Kartu Tani
RMOLJateng. Staf Khusus Menteri Pertanian Bidang Komunikasi Pembangunan Pertanian Yesiah Ery Tamalagi mengaku terkejut saat mengetahui banyak petani di Kabupaten Semarang tak mengetahui cara penggunaan Kartu Tani.

Hal ini berbanding terbalik disaat Kementrian Pertanian memiliki target yang muluk mensejahterakan petani Indonesia namun di lini bawah saja petani tidak mengerti cara penggunaan Kartu Tani.

Hal ini diungkap Yesiah Ery Tamalagi ditengah-tengah dialog interaktif dengan petani Kacamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Rabu (23/9).

Ia menilai, ada yang salah terkait ketidaktahuan petani dalam menggunakan Kartu Tani.

"Berarti ada yang salah (menggunakan Kartu Tani) saja sampai tidak tahu. Dimana letak salahnya, yakni komunikasinya yang salah. Untuk itu, pentingnya pertemuan-pertemuan seperti ini," kata

Ia tak menampik, sangat terkejut saat mengetahui banyak petani tak mengetahui cara penggunaan Kartu Tani. Mengingat, fungsi dan manfaat Kartu Tani sangat berperan disaat petani membutuhkan pupuk bersubsidi.

Namun, sejalan kehadiran pihak-pihak terkait yang dapat menjadi pendamping ia mengharapkan petani akan mengerti pemanfaatan dari Kartu Tani sendiri.

"Sekarang sudah diberi kartu tani tapi tidak tahu cara menggunakannya. Langsung saja diskusikan. Jangan cuma bawa program," ujarnya.

Yesiah Ery Tamalagi menambahkan, Kacamatan Banyubiru kedepannya diharapkan mampu  menjadi lumbung padi tidak hanya Kabupaten Semarang, namun bisa menjadi (lumbung padi) Provinsi Jateng.

"Tentu itu bukan sekadar diucapkan tapi juga dicari realistis apa tidak. Menggunakan modernisasi, serta pola pendampingan, PPL harus memberikan data real di lapangan. Selain itu, memberikan pemahaman yang benar terkait Kartu Tani," imbuhnya. [jie]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00