Pandemi Covid-19, Haul Sultan Agung Tetap Digelar Khidmat

Budaya  MINGGU, 20 SEPTEMBER 2020 , 14:38:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Pandemi Covid-19, Haul Sultan Agung Tetap Digelar Khidmat
RMOLJateng. Peringatan wilujengan Haul Kanjeng Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo pendiri Kerajaan Mataram di Tanah Jawa berlangsung hari ini 2 Sapar Jimakri 1954 dalam penganggalan Jawa atau di hari Minggu (20/9).

Jika haul tahun sebelumnya dibanjiri sekitar 5000 orang namun di tahun ini karena kondisi pandemi Covid-19 hanya melibatkan sekitar 250 orang saja. Namun tradisi yang kedua kalinya digelar ini tetap berlangsung meriah dan khidmat.

Rangkaian acara Kholdalem Sultan Agung Hanyokrokusumo ini dimulai usai Sholat Dhuhur. Acara di awali dari Kagungangan Ndalem Sasana Sumewo Pagelaran Keraton Surakarta dan berjalan menuju Masjid Agung Kraton Kasunanan Surakarta.

Barisan pasukan drumband dari Kraton Kasunanan Surakarta membuka rangkaian kirab. Disusul dengan iring-iringan para abdi dalem Keraton Kasunanan membawa ubo rampe untuk kenduri sebanyak 16 tumpeng.

Sepanjang jalan sambil membawa uborampe, para abdi dalem terus mengumandangkan Sholawat Nabi tanpa terputus. Meski dalam kondisi panas yang cukup terik mereka tetap bersemangat.

Setibanya di Masjid Agung ubo rampe tersebut disusun diatas meja yang sudah dipersiapkan. Iringan shalawat kembali  berkumandang. Dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Alquran dan doa-doa yang  dikumandangkan para Kiai Kraton Kasunanan.

Juru bicara LDA Kanjeng Pangeran (KP) Eddy Wirabumi sebut semua perwakilan trah darah dalem Sinuhun Amangkurat hingga Sinuhun PB XIII, juga turut hadir.

"Ini peringatan haul Sultan Agung, pendiri dinasti Mataram yang juga Pahlawan Nasional," jelas Wirabumi, Minggu (20/9) siang.

Dalam haul ini intinya mengirim doa pada Tuhan sesuai amal dan perjuangannya dulu. Dan  mengingat  bahwa banyak hal yang sudah diperbuat banyak untuk masyarakat, negara dan bangsanya.

"Sehingga pemerintah juga  memberikan gelar pahlawan nasional kepada beliau," paparnya.

Yang terakhir, Wirabumi sebut dalam pelaksanaan haul kali diselipkan harapan dan doa khusus agar  pandemi kali ini cepat berlalu. 

"Harapanya, pandemi ini cepat berlalu. Dan kondisi kembali seperti semula," pungkasnya. [jie]







Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00