IPB Lakukan Pemetaan Kekeringan Menggunakan Teknologi Drone Multispectral

Nusantara  SELASA, 15 SEPTEMBER 2020 , 19:46:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

IPB Lakukan Pemetaan Kekeringan Menggunakan Teknologi Drone Multispectral
RMOLJateng. Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan pemetaan untuk mendeteksi kekeringan pada lahan pertanian di Purbalingga. Pemetaan dengan menggunakan drone itu dilakukan bersama Dinas Pertanian (Dinpertan) Purbalingga.

"Pemetaan dilakukan di lahan persawahan Desa Penolih, Desa Cilapar, Desa Tejasari, Kecamatan Kaligondang," kata Arif Kurnia Wijayanto, Koordinator Tim Pemetaan dari IPB , Selasa (15/9).

Selain Kecamatan Kaligondang, pemetaan juga dilakukan di Desa Bandingan dan Desa Lamuk Kecamatan Kejobong, serta Desa Bukateja, Kecamatan Bukateja.

Pemetaan tersebut merupakan kajian penelitian dari Pemanfaatan Teknologi Drone Dengan Sensor Kamera Multispectral Untuk Deteksi Kekeringan Pada Lahan Padi Guna Mendukung Program Asuransi Pertanian Berbasis Smart Farming.

"Untuk tim pemetaan di lahan berjumlah delapan orang dan penelitian ini diketuai oleh Prof. Dr. Lilik Budi Prasetyo, M.Sc dan anggota Peneliti Dr. Yudi Setiawan, M.Sc serta Arif Kurnia Wijayanto, M.Sc," ujarnya.

Tujuan dari penelitian tersebut yakni mengembangkan model pendugaan gejala kekeringan pada tanaman padi sawah menggunakan teknologi penginderaan jauh.

Selain itu, mengembangkan paket teknologi sistem deteksi cepat kekeringan pada tanaman padi sawah untuk program asuransi pertanian.

"Penelitian ini adalah salah satu Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi/Penelitian Aksi Agro Maritim 4.0 sebagai kelanjutan dari Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani oleh Rektor IPB dan Bupati Purbalingga pada Desember 2018 di Bogor," jelas Arif.

Kepala Dinpertan Purbalingga, Mukodam mengatakan Desa Penolih sering mengalami banjir sementara di Desa Tejasari mengalami kekeringan karena berada di bagian ujung saluran irigasi.

Kepesertaan Asuransi Usaha Tani Padi di Kecamatan Kaligondang juga cukup baik, ketika terjadi banjir tahun 2017, belasan hektar sawah di Desa Penolih mendapat klaim asuransi dari PT Jasindo sebesar Rp. 6.000.000,- per hektar.

"Dengan adanya penelitian ini Pemkab Purbalingga sangat mengapresiasi apalagi bekerja sama dengan IPB," kata Mukodam. [jie]





Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00