Gubernur Jateng: Semangat Gus Dur Relevan Di Tengah Upaya Atasi Covid

Daerah  MINGGU, 13 SEPTEMBER 2020 , 22:15:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Gubernur Jateng: Semangat Gus Dur Relevan Di Tengah Upaya Atasi Covid
RMOLJateng. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai semangat mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang mengutamakan kemanusiaan di atas segala sejalan dengan upaya saat ini dalam  mencegah penyebaran Covid-19.

Saat suasana seperti ini saya yakin para pendiri bangsa Indonesia, tidak mikir urusan politik. Saat membantu tidak bertanya agamamu apa, RASmu dari mana,” ujar Ganjar Pranowo di sela-sela zoom webinar Sin Ci Gus Dur dalam perspektif spiritual agama dan penghayat, Minggu (13/9).

Dia menilai sosok Gus Dur adalah jembatan penghubung sekaligus lem yang merekatkan. Gus Dur juga dipandang mampu melegakan semua orang.

Adem, tenang, ora rebutan adalah nilai-nilai yang luar biasa. Tidak perlu mengibarkan bendera Merah Putih tanpa teriak, atau mengucapkan Bhineka tanpa teriak-teriak. Semua tampak asyik-asyik saja,” paparnya.

Si Ci merupakan sebagai penghormatan kepada Gus Dur sebagai Bapak Tionghoa Indonesia. Prosesi sembayangan yang dilakukan tiap tahun yang diselenggarakan Perkumpulan Boen Hiang Ton (Rasa Dharma) Semarang.

Dalam kesempatan itu, Putri Gus Dur Anita Wahid mewakili keluarga mengungkapkan kebanggaan terhadap apresiasi tersebut.

Pecutan buat kami untuk meneruskan semua nilai beliau. Kontribusi dari berbagai kalangan merasa terhormat. Sosok Gus Dur dibuatkan disemati status sebagai bapak Tionghoa seperti pembela utama memperjuangkan nasib-nasib teman Tionghoa,” katanya.

Namun begitu, dia menilai ada kesalahpahaman di tengah masyakarakat. Mendiang Gus Gur bukan membela minoritas, bukan RAS atau agama melainkan sebuah entitas sebagai manusia.

Manusia yang ditindas. Tanpa itu tidak bisa merasakan keadilan yang hakiki,” paparnya. [hen]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00