Menikmati Pesona Curug Duwur Di Desa Bumisari Purbalingga

Pariwisata  MINGGU, 13 SEPTEMBER 2020 , 16:45:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Menikmati Pesona Curug Duwur Di Desa Bumisari Purbalingga
RMOLJateng. Letaknya yang berada di kaki Gunung Slamet membuat Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari menyimpan pesona alam salah satunya Curug Duwur.

Curug Duwur merupakan satu dari banyaknya curug di Purbalingga yang bisa menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat.

Alamnya yang masih asri, pemandangan hijau di kanan kiri curug, serta airnya yang segar alami membuat orang jatuh hati. Sejumlah wisatawan mengaku terpesona dengan keindahan Curug Duwur.

Apalagi setelah mencoba berkeliling menggunakan perahu di Curug Duwur menjadi sensasi luar biasa yang hanya ada di Curug Duwur.

"Alamnya indah sekali, udaranya juga segar. Suasana jadi enjoy pokoknya, kata Adis, salah satu wisatawan, Minggu (13/9).

Teguh, Ketua Pokdarwis Pancawarna, Desa Bumisari mangatakan Curug Duwur mulai dikelola pada tahun 2017, namun sebelum itupun sudah banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Pada tahun 2017, muncul program penggiat desa wisata yang membuat pemuda-pemuda Desa Bumisari tergugah untuk mengelola Curug Duwur.

"Kami mengumpulkan pemuda dan juga menggandeng desa serta bumdes untuk menggarap potensi wisata yang ada,” kata Teguh.

Namun, pengelolaan wisata Curug Duwur pun tidak lepas dari kendala salah satu kendala yang kompleks yakni terkait dengan dana.

Selanjutnya, masih banyak warga sekitar yang memang tigkat kesadarannya masih rendah tentang pengelolaan wisata.

"Jadi hanya sebagian saja kalau untuk pemudanya kesadaran wisatanya sudah terbangun,” ujarnya.

Selain sebagai salah satu destinasi wisata, Curug Duwur juga menjadi sumber mata air bagi penduduk setempat dan juga beberapa desa di sekitar Curug Duwur. Meskipun digunakan untuk pengairan warga, Curug Duwur tidak pernah mengalami kekeringan.

"Musim kemarau debit air memang tidak terlalu banyak, sedangkan untuk musim penghujan debit airnya cukup besar dan sejauh ini Curug Duwur belum pernah kering,” tutur Teguh.

Bagi masyarakat yang penasaran dengan pesona Curug Duwur, bisa menikmati wisata alam tersebut dengan merogoh kocek yang sangat terjangkau yakni Rp 5 ribu. Dan Rp 2 ribu bagi mereka yang ingin mencoba sensasi lain yakni menaiki perahu di Curug Duwur. [jie]





Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00