Pandemi Covid-19 "Paksa" UMKM Berimprovisasi Untuk Bertahan

Ekonomi  KAMIS, 10 SEPTEMBER 2020 , 21:55:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Pandemi Covid-19
RMOLJateng. Senior Public Policy and Government Relations Lead Tokopedia, Hilmi Andrianto menyebut, banyak improvisasi yang dilakukan para pelaku usaha untuk tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 ini.

Saat sepert ini (pandemi Covid-19) yang paling besar terdampak adalah mereka para pelaku usaha baik UMKM maupun usaha besar yang bergerak di barang dan jasa,” ungkap Hilmi di sela-sela kegiatan webinar berjatuk Nongkrong Bareng Pertamina-NOBAPER”, Kamis (10/9).

Namun di sisi lain, menurut Hilmi, inisiasi yang dilakukan oleh para pelaku usaha menjadi lebih kreatif dan menghasilkan produk-produk yang belum pernah ada sebelumnya agar usaha mereka tetap bertahan.

Ada salah satu usaha lokal yang hampir memutus hubungan kerja 80% karyawannya namun karena adanya improvisasi dan kreatifitas maka hal tersebut tidak dilakukan,” papar Helmi.

Dia melanjutkan, Tokopedia sebagai salah satu e-commerce di Indonesia juga terus menjadi ‘jembatan, bagi pembeli dan penjual terutama UMKM.

Karena budaya literasi digital di Indonesia juga masih rendah, kami juga terus berusaha untuk mengubah mindset baik bagi penjual maupun konsumen agar mengikuti perkembangan teknologi digital saat ini,” kata dia.

General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV, Sylvia Grace Yuvenna mengatakan, edukasi mengenai cara menyintas pandemi secara virtual kepada pekerja, stakeholder media serta mitra binaan UMKM merupakan bentuk tanggung jawab sosial di kala pandemi Covid-19.

Melihat kesempatan dan solusi yang bisa diambil di kala pandemi Covid-19 ini untuk meningkatkan kemandirian ekonomi serta peluang-peluang lainnya tentunya dengan tetap mentaati protokol kesehatan,” papar Sylvia. [hen]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00