Kim Jong Un Kunjungi Pabrik Pupuk Saat Dikabarkan Koma

Dunia  SENIN, 24 AGUSTUS 2020 , 15:20:00 WIB | LAPORAN: ADITYA ILYAS SAPUTRA

Kim Jong Un  Kunjungi Pabrik Pupuk Saat Dikabarkan Koma
RMOLJateng. Spekulasi mengenai kesehatan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kembali muncul. Kali ini sebuah rumor berasal dari mulut mantan ajudan mendiang Presiden Korea Selatan, Kim Dae-jung, Chang Song-min.

Dari laporan Korea Herald, Chang mengklaim Kim Jong Un sedang mengalami koma dan adik perempuannya, Kim Yo Jong akan menggantikannya mengambil kendali.

"Struktur suksesi lengkap belum terbentuk. Jadi Kim Yo Jong dikedepankan karena kekosongan tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama," ujar Chang seperti dikutip Fox News, Senin (24/8).

Klaim Chang tersebut hanya berselang beberapa hari setelah Badan Intelijen Nasional Korea Selatan melakukan pertemuan pribadi denagn anggota parlemen pada pekan lalu.

Dari bocoran yang dilaporkan oleh Yonhap, badan tersebut menyebut, Kim telah mendelegasikan sebagian dari wewenangnya kepada para pembantu dekatnya, termasuk Kim Yo Jong. "Kim Yo Jong, wakil direktur departemen pertama dari Komite Pusat Partai Pekerja, mengarahkan urusan negara secara keseluruhan pada delegasi tersebut," lapor Yonhap.

Dalam laporan tersebut, disebutkan juga Kim Yo Jong mengatakan kakaknya masih mempertahankan otoritas absolut. Spekulasi mengenai kesehatan Kim Jong Un bukan pertama kali muncul.

Beberapa klaim bahkan sempat menyebutkan Kim Jong Un sudah menghembuskan napas terakhir. Terbaru, pada April muncul spekulasi bahwa Kim Jong Un menderita penyakit jantung dan harus dioperasi.

Spekulasi tersebut muncul setelah ia tidak muncul di hadapan publik selama hampir tiga pekan.
Dari hasil penelurusan Kantor Berita Politik RMOL, berdasarkan laporan dari media resmi Korea Utara KCNA pada Jumat (21/8), Kim Jong Un masih mengunjungi Pabrik Pupul Fosfat Sunchon yang sedang dibangun. Kim Jong Un juga mengunjungi desa pertanian yang dilanda banjir di Kabupaten Unpha.[dit]

Komentar Pembaca
Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

Nanam Padi Tidak Harus Di Sawah

SENIN, 22 MARET 2021 , 09:47:00

Kesibukan Pekerja Saat Setahun Pandemi Covid-19
Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

Ucapan Selamat Dengan Karangan Bunga

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021 , 14:08:00