Peringati Tahun Baru Hijriah, MUI Jateng Himbau Masyarakat Jalani SOP Kesehatan

Nusantara  KAMIS, 20 AGUSTUS 2020 , 09:55:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Peringati Tahun Baru Hijriah, MUI Jateng Himbau Masyarakat Jalani SOP Kesehatan
RMOLJateng. Memperingati Tahun Baru 1442 Hijriah, Ketua MUI Jawa Tengah, Ahmad Daroji, menghimbau masyarakat menyadari pentingnya protokol kesehatan.

Dia juga meminta para ulama dan tokoh masyarakat membantu pemerintah mensosialisasikan kesadaran masyarakat.

"Kita diminta oleh Gubernur untuk ikut menyadarkan masyarakat. Kiai ya harus ikut menyadarkan, jogo tonggo itu penting," kata dia, Rabu (19/8) malam.

Lebih jauh, Daroji menambahkan akibat Covid-19, tidak sedikit kiai yang kena dan sampai meninggal dunia. Oleh karena itu, dia mengapresiasi upaya pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencanangkan 'Jogo Kiai'.

Karena mereka (kiai) itu berkerumun dengan santrinya, kadang dengan para pembantu, hingga ada yang kena. Sampai ada yang meninggal dunia,” kata Darodji.

Dia mencontohkan ada beberapa kasus kiai yang meninggal akibat Covid-19 seperti di Rembang, dan juga tempat lain.

Padahal satu orang kiai membawahi ribuan orang santri. Jika seorang kiai meninggal dunia maka berarti akan ada banyak santri yang kehilangan gurunya.

Oleh karena itu sekarang kita jaga kiai-kiai ini bisa melaksanakan tugasnya dengan nyaman, dengan baik, dan aman,”  tambahnya.

Di antaranya dengan memberikan pesan pada santri, agar menjaga kiai dengan baik. Supaya kiai tetap bisa mengajarkan ilmu agama kepada santri.

"Mereka juga hendaknya menjaga kualitas makanan untuk kiainya supaya kondisi kesehatan tetap fit. Frekuensi pengajiannya mungkin agak dikurangi. Itu termasuk Jogo Tonggo,” jelas Darodji. [jie]





Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Pemberkatan Pernikahan di Gereja Golden Gate Community Church (G2CC) Semarang