KUBEMART: Kelompok Usaha Bersama Untuk Masyarakat Kuat

Arus Baru Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Opini  SENIN, 17 AGUSTUS 2020 , 13:40:00 WIB

KUBEMART: Kelompok Usaha Bersama Untuk Masyarakat Kuat
PERMASALAHAN kemiskinan di Indonesia sampai 74 tahun kemerdekaan ini rasanya tidak kunjung ketemu solusinya. Apalagi, dimasa pandemi covid-19 permasalahan kemiskinan diprediksi melonjak.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan Indonesia pada Maret 2011 mencapai 30,02 juta orang atau berada di 12,49%. Jika kembali pada 2011, maka angka kemiskinan akan melonjak 4,88 juta dari angka kemiskinan pada Maret 2019 yang tercatat 9,41%.

Penulis paham, pemerintah telah melaksanakan berbagai program untuk penanggulangan kemiskinan. Baik bantuan langsung maupun stimulus permodalan. Salah satunya melalui Kementerian Sosial digulirkan Program Keluarga Harapan (PKH).

Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah IndoneĀ­sia telah melaksanakan PKH.

Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKH memberikan dampak terhadap perubahan konsumsi rumah tangga, seperti di beberapa negara pelaksana CCT lainnya. PKH berhasil meningkatkan konsumsi rumah tangga penerima manfaat di Indonesia sebesar 4,8%.

Keberhasilan PKH salah satu ukurannya adalah tingkat graduasi. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan: Graduasi mandiri atau keterpaksaan.

Graduasi mandiri artinya keluarga penerima manfaat (KPM) - PKH telah benar-benar lepas dari PKH karena perekonomiannya membaik. Dan graduasi keterpaksaan artinya keluarga dari PKH karena terpaksa.

Di lapangan, Pelaksana PKH sering melaksanakan kegiatan labelisasi. Kegiatan labelisasi menjadi salah satu alasan KPM keluar dari PKH karena malu rumahnya dikasih penanda penerima PKH. Kondisi seperti ini, memang menambah data graduasi tetapi misi mensejahterakan masyarakat tidak sampai.

Upaya mewujudkan graduasi mandiri, sudah semestinya Kemensos memperkuat program kewirausahaan KPM: Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Seperti yang diamanahkan Permensos 2 Tahun 2019 tentang Bantuan Sosial UEP Kepada KUBE untuk Penanganan Fakir Miskin.

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebagai wadah Usaha Ekonomi Produktif (UEP) KPM perlu dikawal serius. Sinergi stakeholder perlu diperkuat untuk menjalin kerja sama guna percepatan peningkatan ekonomi.

Hadirnya KUBE sebagai sarana dari - oleh - untuk KPM. Program - program yang berkaitan dengan bantuan sosial, misal bantuan pangan (BPNT) bisa disalurkan lewat KUBE.

Selama ini penyaluran BPNT melalui warung-warung mitra perbankan. Contoh, di Kabupaten Jepara penyalur BPNT warung agen 46.

Bisa dibayangkan, apabila penyalur BPNT adalah KUBE yang dikelola KPM. Prinsip dari-oleh-untuk akan sangat dirasakan KPM.

KUBEMART untuk Masyarakat Kuat

Kubemart adalah platform digital yang mendedikasikan sebagai leading partner KUBE. Kubemart menyediakan AKSES KEMANDIRIAN USAHA untuk KUBE-KPM.

Kehadiran platform kubemart yang diinisiasi PARASHIMA hanya sekadar stimulus untuk membangkitkan KUBE-KPM. Tanpa menunggu bantuan Pemerintah. Kedepan bantuan permodalan dari pemerintah agar lebih fokus pada pengembangan KUBE.

KUBE implementasi dari ekonomi kerakyatan untuk keadilan ekonomi. Agar distribusi ekonomi bisa merata tidak dimiliki sekelompok orang.

Indonesia kedepan sudah semestinya menguatkan ekonomi kerakyatan; mendistribusikan ekonomi secara merata melalui penguatan kewirausahaan.

Arus Baru Ekonomi menuju Indonesia 2045

Penulis meyakini, kemajuan ekonomi suatu negara, apabila pendapatan per kapita meningkat. Artinya ada pemerataan ekonomi sampai tingkat individu-keluarga.

Meningkatkan pendapatan per kapita menurut penulis melalui jalan penguatan wirausaha masyarakat.

Sebagai stimulus penguatan wirausaha, konsep Kelompok Usaha Bersama (KUBE) efektif. Masyarakat dikelola untuk membentuk KUBE sesuai bidang masing-masing. Tidak sekadar KUBE perdagangan melainkan bisa KUBE produksi sesuai SDA setempat.

Melalui pendekatan KUBE, pembangunan ekonomi sesuai potensi setempat akan tercapai. Ke depan ekonomi Indonesia bisa bangkit dengan potensi unggulan masing-masing daerah/klaster.

Arus baru ekonomi Indonesia dengan memanfaat potensi setempat dan dikelola secara gotong royong. Maka, peran pemerintah ke depan sudah semestinya merancang kebijakan pro kewirausahaan berbasis kerakyatan.

 
Data kemiskinan Indonesia ;
- Porsentase ekonomi kaya-miskin
- Kondisi UMKM
- Tawaran konsep KUBE



Ahmad Rouf

Sociopreneur di Parashima
Co-Founder platform digital kubemart


Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00