Persiapkan Pasangan Calon Pilkada 2020, Bawaslu Himbau Semua Pihak Matangkan Koordinasi

Politik  KAMIS, 13 AGUSTUS 2020 , 14:52:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Persiapkan Pasangan Calon Pilkada 2020, Bawaslu Himbau Semua Pihak Matangkan Koordinasi
RMOLJateng. Pendaftaran pasangan calon pilkada 2020 akan dibuka 21 KPU kabupaten/kota di Jawa Tengah pada 4 hingga 6 September 2020.

Badan Pengawas Pemilu menghimbau semua pihak untuk terus matangkan koordinasi terkait dengan persiapan tahapan pencalonan pilkada 2020.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Anik Sholihatun, mengatakan KPU perlu mengintensifkan bimbingan teknis terkait kesiapan jajaran KPU di kabupaten/Kota. Hal itu dilakukan agar standart pengerjaannya sama di masing-masing wilayah.

"Jangan sampai berbeda baik dalam memahami aturan maupun pelayanan kepada peserta pemilihan," kata Anik, Kamis (13/8).

Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menghimbau agar KPU juga perlu berkoordinasi beberapa pihak lain yang terkait dengan pencalonan.

Anik menerangkan beberapa pihak seperti Komisi Pemberantasan Korupsi, Dewan Pers, Media Massa, Peradilan Militer, dan Kanwil DJB Pajak Jateng.

Perlu koordinasi ke semua institusi yang masih terkait dengan penerbitan berbagai macam surat keterangan pemenuhan syarat pasangan calon pilkada,” katanya.

Anik meminta partai politik agar melakukan proses penjaringan bakal pasangan calon dengan cara yang fair, bersih, transparan dan demokratis.

Partai politik juga harus mematuhi ketentuan regulasi  serta mendorong agar jajaran pengurus partai politik di tingkat kabupaten/kota juga melakukan hal yang sama.

"Bakal calon perseorangan yang saat ini sedang berproses di daerah juga bagian yang perlu dihadirkan dalam rapat koordinasi. Sebab posisi mereka sama dengan perwakilan dari parpol," tutupnya. [jie]





Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00