Kubangan Jalan Rusak "Disulap" Warganet Jadi Sawah

Daerah  SELASA, 11 AGUSTUS 2020 , 09:06:00 WIB | LAPORAN: DARYONO

Kubangan Jalan Rusak
RMOLJateng. Ruas jalan di kawasan pertigaan Pandangan Kragan, Rembang, menjadi viral di medsos setelah ‘disulap’ warganet menjadi kolam renang atau sawah.

Pemerintah Kabupaten Rembang angkat bicara soal keluhan kerusakan di jalan itu.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rembang, Nugroho menyebut perbaikan Jalan Pandangan-Gandrirojo yang viral itu sudah menjadi prioritas pembangunan Pemkab Rembang.

Surat perintah mulai kerja (SPJ) sudah diterbitkan pada Juli 2020.

"Jalan tersebut sudah menjadi prioritas Pemkab untuk diperbaiki tahun 2020. Awalnya sudah kami anggarkan untuk peningkatan jalan Pandangan-Gandri melalui dana DAK sebesar Rp12,5 miliar. Dan awal Maret sudah kami siapkan untuk tender," kata Nugroho kepada media, Selasa (11/8).

Namun karena pandemi Covid-18, anggaran untuk rehabilitasi jalan dialihkan untuk penanganan virus corona. Namun demikian, Pemkab Rembang kemudian melakukan refokusing anggaran untuk menangani kerusakan jalan tersebut.

Tetapi kebijakan pusat dalam menghadapi pandemi, dana DAK (Dana Alokasi Khusus) dihentikan. Akhirnya Pemkab melakukan penyesuian anggaran, jalan tersebut dibiayai menggunakan dana DAU (Dana Alokasi Umum). Setelah proses perubahan penjabaran APBD, kegiatan tersebut kami tayang tender, dan kontrak," jelasnya.

Nugroho pun mengakui tertundanya proyek perbaikan jalan itu mengesankan pemkab lamban.

"Memang  terkesan, Pemkab lambat untuk menangani jalan tersebut. Tetapi sebenarnya prosesnya cukup lama dan juga menyangkut kebijakan pemerintah pusat," ungkap Nugroho.

Dia menyebutkan, pekerjaan Peningkatan Jalan Pandangan-Gandri telah dilakukan penandatanganan kontrak Tanggal 21 Juli 2020. Kemudian Surat Perintah Mulai Kerja diterbitkan tanggal 29 Juli 2020.

"Nilai kontrak sebesar Rp3.530.950.000 dengan penyedia PT Sinar Utama Karya. Rencana konstruksi menggunakan perkerasan kaku (beton) sepanjang 850 meter, lebar 7 meter. Dilengkapi dengan drainase sepanjang 520 meter," tuturnya. [hen]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Pemberkatan Pernikahan di Gereja Golden Gate Community Church (G2CC) Semarang