Antisipasi Covid-19 Di Ponpes Meluas, Santri Yang Negatif Dipulangkan

Kesehatan  MINGGU, 09 AGUSTUS 2020 , 15:03:00 WIB | LAPORAN:

Antisipasi Covid-19 Di Ponpes Meluas, Santri Yang Negatif Dipulangkan
RMOLJateng. Kasus Covid-19 di pondok pesantren wilayah Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati mengalami penambahan. Untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19 ini, Pemkab Pati memutuskan memulangkan para santri yang masih sehat.

Hal ini dikatakan Bupati Pati Haryanto, saat melaporkan perkembangan kasus terbaru pada hari ini. Sebelumnya, pondok pesantren yang memiliki 105 santri itu, awal Agustus lalu menjadi pusat perhatian lantaran ada 9 santrinya terkonfirmasi positif Corona.

"Dan sisanya atau sekitar 96 santri telah diswab secara bertahap, dan hasil terbaru menunjukkan bahwa ada tambahan lagi yang positif Covid-19, yakni sebanyak 26 santri lagi," kata Haryanto.

Untuk nyikapi hal itu, berdasarkan hasil Koordinasi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, kemudian Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, serta pengasuh Pondok pesantren dan Satgas, diputuskan bahwa santri yang negatif Covid-19, harus dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing. Kebijakan ini hingga pondok pesantren betul-betul steril kembali.

Adapun santri luar Jawa yang belum bisa pulang, menurut Bupati, akan ditempatkan di lokasi steril di luar Pondok pesantren hingga ada pihak keluarga yang menjemput.

Adapun 26 yang positif Covid-19, harus menjalani karantina di pondok tersebut, lantaran tempat karantina di Hotel Kencana masih penuh.

"Tapi jika nanti yang di Hotel Kencana sudah ada yang sembuh, tentu akan kami karantina di hotel tersebut," imbuhnya.

Haryanto juga meminta semua pihak khususnya kalangan pendidikan, baik pengasuh, santri, dan wali santri agar bijak menyikapi adanya pondok peaantren yang menjadi lokasi penularan ini.

"Kami tahu anak-anak sudah bosan di rumah, orang tua pun mungkin bertambah pekerjaannya karena harus mendampingi putra putrinya belajar secara daring. Tapi lelah dan rasa bosan itu tentu tak sebanding dengan resiko yang harus ditanggung bilamana putra putri kita terpapar Covid-19. Sabarlah sejenak, demi masa depan anak-anak," pungkas Haryanto. [jie]





Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00