PMI Solo Beri Pelatihan Pedagang Pasar Gede Cara Buat Sabun Cair

Kesehatan  SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 18:49:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

PMI Solo Beri Pelatihan Pedagang Pasar Gede Cara Buat Sabun Cair
RMOLJateng. Palang Merah Indonesia (PMI) Solo memberi pelatihan singkat pada pedagang Pasar Gede Solo, cara membuat sabun sendiri, Sabtu (8/8).

PMI berharap masyarakat Solo menjadi tetap sehat, mandiri dan hemat dimasa pandemi.

"Masa pandemi Covid-19 masih berlangsung dan belum tahu kapan berakhir. Protokol kesehatan pakai masker dan cuci tangan harus terus dilakukan masyarakat. Kali ini kami tidak lagi memberikan sabun tapi mengajarkan cara membuat sabun sendiri," kata CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto, Sabtu (8/8).

Pelatihan diberikan oleh Yanuar Sri Hartono, Ketua Sibat Sudiroprajan  dan sejunkah relawan PMI, diikuti puluhan pedagang pasar.

Waktunya dipilih sore hari, saat situasi pasar agak sepi dan para pedagang punya waktu luang.

Dijelaskan Yanuar, bahan yang digunakan adalah texcapon (biang sabun), garam dapur, sitrun, pewarna dan pewangi bahan kue.

"Untuk texcapon 1 kg harga Rp20 ribu, bisa jadi 10 liter. Perbandingannya texcapon dan garam 1:1, sitrun dua sendok makan, pewarna dn pewangi secukupnya," kata Hartono.

"Yang dicampur pertama garam dan texapon sedikit sedikit jangan sampai menggumpal setelah itu sitrun, lalu pewangi. Busa diendapkan dulu lima jam sampai busanya hilang baru bisa di kemas," jelasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00