Para Pemimpin Dunia Sampaikan Duka Untuk Lebanon

Dunia  RABU, 05 AGUSTUS 2020 , 10:53:00 WIB

Para Pemimpin Dunia Sampaikan Duka Untuk Lebanon
RMOLJateng. Para pemimpin dunia mengirimkan ucapan belasungkawa menyusul kejadian ledakan besar mematikan di ibukota Lebanon, Beirut, Selasa (4/8.).

Menlu Perancis Jean-Yves Le Drian mengatakan dalam tweet-nya bahwa Perancis akan selalu berdiri bersama Lebanon dan siap untuk mengirimkan bantuan ke negara itu.

"Perancis berdiri dan akan selalu berdiri di sisi Libanon dan rakyatnya. Negara kami siap memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan yang diungkapkan oleh pemerintah Lebanon," tulisnya, seperti dikutip dari AFP, Rabu (5/8).

Sementara itu Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan bantuan dan sumber daya Perancis sedang dikirim ke Libanon.

Di Inggris, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan negaranya siap untuk memberikan dukungan yang dapat membantu.

"Gambar dan video dari Beirut malam ini mengejutkan. Semua pikiran dan doa saya bersama orang-orang yang terperangkap dalam insiden mengerikan ini," tulis Johnson.

"Inggris siap memberikan dukungan dengan cara apa pun yang kami bisa, termasuk kepada warga negara Inggris yang terkena dampak."

Di Amerika Serikat, Departemen Luar Negeri dengan cermat mengikuti laporan tentang ledakan di Beirut dan siap menawarkan 'semua bantuan yang mungkin dibutuhkan Lebanon', kata seorang juru bicara badan tersebut.

Departemen Luar Negeri tidak memiliki informasi tentang penyebab ledakan itu, kata juru bicara itu dan menambahkan bahwa badan tersebut bekerja sama dengan pihak berwenang setempat untuk menentukan apakah ada warga AS yang terkena dampak dalam insiden itu.

"Kami berbagi kepedihan rakyat Lebanon dan dengan tulus menjangkau untuk menawarkan bantuan kami pada saat yang sulit ini," kata Reuven di akun Twitter pribadinya @PresidentRuvi.

Israel juga menawarkan bantuan kemanusiaan ke Libanon, yang masih secara teknis berperang.

"Menyusul ledakan di Beirut, Menteri Pertahanan Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, atas nama Negara Israel, telah menawarkan kepada pemerintah Libanon -melalui perantara internasional- bantuan medis dan kemanusiaan, serta bantuan darurat segera," kata pernyataan bersama dari kedua kementerian tersebut.

Negara lain yang turut menyampaikan ucapan duka cita adalah Iran, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain dan masih banyak lainnya. [hen]

Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00