Situs Warisan Dunia UNESCO Biara St.Catherine Mesir Direhab

Dunia  SENIN, 03 AGUSTUS 2020 , 23:07:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Situs Warisan Dunia UNESCO Biara St.Catherine Mesir Direhab
RMOLJateng. Situas Warisan Dunia UNESCO Biara Saint Catherine di Mesir yang dikenal sebagai perpustakaan direhab.

Perpustakaan Biara Saint Catherine, berlokasi jauh di Semenanjung Sinai di Mesir, menempati urutan kedua setelah Perpustakaan Vatikan. Demikian dilansir dari Kantor Berita RMOL.

Lebih dari 4.500 manuskrip tersimpan di sana, kebanyakan teks-teks agama Kristen dalam berbagai bahasa, antara Yunani, Arab, Suriah, Georgia dan Slavia. Manuskrip paling terkenal di perpustakaan itu adalah naskah Codex Sinaiticus abad ke-4. Peninggalan penting lainnya adalah naskah Codex Syiacus yang merupakan salinan kuno Injil di Syria.

Direktur Jenderal Penelitian, Studi Arkeologi dan publikasi Akademik di Sinai Selatan, Abdel Rahim Rihan mengatakan, pekerjaan restorasi untuk segmen timur perpustakaan telah selesai, dengan manuskrip yang telah diindeks ulang.

Begitu juga dengan ruang perpustakaan yang juga ditata ulang. Sebelumnya, kementerian telah merenovasi gereja Santo Stephen dan Saint John di biara, dengan rencana untuk membangun sistem pemadaman otomatis dan peringatan kebakaran.

Pekerjaan renovasi di Perpustakaan Biara Sait Catherine tidak termasuk situs al-Wadi al-Moqads (Lembah Suci) atau cagar alam, menurut Rihan. Dia meyakinkan bahwa biara tidak akan pernah membangun di daerah-daerah ini untuk menjaga kesucian mereka.

Kementerian juga melestarikan bentang alam alami seperti Gunung Musa, Taman Biara, enam sumur bersejarah dan Mata Air Musa. Catherine, martir Kristen asal Aleksandria dihukum mati di atas roda pendobrak. Namun, ternyata hukuman itu tidak membuatnya mati. Akhirnya Catherine dipenggal.

Menurut keyakinan mereka, malaikat membawa jasadnya ke Gunung Sinai. Sekitar 800 M, para biksu menemukan jenazahnya dan membangun vihara. Sekitar tahun 548 hingga 565 SM, Kaisar Romawi Timur, Justinian the Great, memerintahkan pembangunan sebuah biara yang didedikasikan untuk Saint Catherine di kota ini.

Sejak didirikannya, Biara Saint Catherine dalam sejarahnya tak pernah dihancurkan atau dijarah. Sehingga menjadikannya biara Kristen tertua yang masih aktif hingga kini. Biara Saint Catherine ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 2002. Situs ini kabarnya telah menarik lebih dari 100.000 pengunjung setiap tahunnya. [hen]



Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00