Banyak Warga Masuk, Rumah Pemotongan Hewan Semarang Sediakan Rapid Test

Nusantara  SABTU, 01 AGUSTUS 2020 , 08:27:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Banyak Warga Masuk, Rumah Pemotongan Hewan Semarang Sediakan Rapid Test
LJateng. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, mencatat terjadi lonjakan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Penggaron, Semarang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Provinsi Jawa Tengah, Lalu M Safriyadi, mengatakan lonjakan pemotongan hewan kurban di rumah pemotongan hewan ini mencapai lebih dari 180 ekor.

"Kalau tahun sebelumnya hanya 70-an hewan kurban saja. Ini terjadi lonjakan artinya masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk menyembelih di rumah pemotongan hewan," kata Lalu, Sabtu (1/8).

Lalu menambahkan, dari hasil pantauannya  masih banyak masyarakat yang datang masuk ke dalam rumah pemotongan hewan untuk melihat proses pemotongan hewan kurban.

"Ya kami maklum, karena mungkin ini baru pertama kali bagi warga. Jadi mereka ingin tahu dulu prosesnya. Setelah ini pasti mereka percaya," tandasnya.

Untuk itu, rumah pemotongan hewan Penggaron hari ini diminta makin meningkatkan protokol kesehatan bagi warga.

Terpisah, Kepala rumah pemotongan hewan Penggaron, Ika Nurawati, mengatakan pihaknya telah menyiapkan alat rapid test bagi penjagal hewan maupun masyarakat.

"Kami kerjasama dengan Pemkot Semarang untuk masyarakat yang mau masuk rumah pemotongan hewan. Untuk pemotong juga kami periksa," kata Ika.

Selain itu, Ika menerangkan jika pihaknya menyerahkan daging hewan kurban di luar gedung pemotongan hewan. Sehingga tidak terjadi kerumunan saat masyarakat mengemas daging kurban di luar.

"Sebelumnya kami sediakan tempat. Tapi karena sedang masa pandemi, kami tiadakan tempat itu, jadi masyarakat bisa kemas dagingnya di luar rumah pemotongan hewan," terang dia. [jie]

Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00