Sahabat Lestari Sediakan Ruang Belajar Daring Pelajar Di Jepara

Pendidikan  KAMIS, 30 JULI 2020 , 13:03:00 WIB | LAPORAN:

Sahabat Lestari Sediakan Ruang Belajar Daring Pelajar Di Jepara
RMOLJateng. Kendala akses internet yang dialami pelajar di Kabupaten Jepara saat pembelajaran dalam jaringan (daring) direspon anggota DPR RI Lestari Moerdijat. Melalui Sahabat Lestari, wakil rakyat ini menyediakan ruang belajar daring bagi pelajar di Kota Ukir.

Ruang belajar itu disediakan di Kantor Yayasan Dharma Bhakti Lestari (YDBL) Jalan KH Yasin, No 14 Saripan Jepara. Selain belasan meja belajar, anak-anak juga bisa mengakses internet dengan kecepatan hingga 20 Mbps secara gratis.

Koordinator Sahabat Lestari Neila Fitria mengatakan pihaknya menyediakan ruang belajar daring bagi pelajar karena merespon keinginan warga.

Sebelumnya, anak-anak warga Saripan yang duduk di bangku SD hingga SMP/Sederajat, tiap Senin-Jumat sekitar pukul 07.30 - 10.30 WIB kerap berkerumun di tepi jalan depan Kantor YDBL sembari membawa gadget dan sejumlah buku. Setelah ditelusuri, ternyata mereka sedang mengerjakan tugas atau pembelajaran daring dari sekolahnya.

Mereka bisa mengakses wi-fi secara gratis karena password internet Kantor YDBL memang dibagikan kepada warga sekitar.

Tim Sahabat Lestari lantas mencoba berkomunikasi dengan warga sekitar. Ternyata warga justru malah ingin agar Kantor YDBL memfasilitasi ruang belajar daring bagi para pelajar itu.

"Jadi sekarang anak-anak belajar daring tidak lagi di tepi jalan tapi di dalam Kantor YDBL. Semoga lewat upaya ini anak-anak bisa belajar dengan lebih nyaman," kata Neila Fitria yang juga Tenaga Ahli Lestari Moerdijat ini, Kamis (30/7/2020).

Ada belasan anak yang kini memanfaatkan fasilitas belajar daring di Kantor YDBL. Anak-anak itu ada yang datang sendiri tapi ada juga yang didampingi orang tuanya.

Selain menyediakan tempat dan fasilitas internet gratis, Sahabat Lestari juga ikut membantu proses pembelajaran anak-anak. Terlebih ketika anak-anak itu belum memahami mata pelajaran yang dipelajari.

"Prinsipnya kami siap mendampingi anak-anak itu. Ketika belajar daring rampung, anak-anak itu tetap boleh mengakses internet gratis. Sebab belajar bisa lewat apa saja, termasuk dari youtube atau konten lainnya," ujar Neila. [jie]





Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00

Operasi Masker Di Kawasan Simpanglima Semarang

Operasi Masker Di Kawasan Simpanglima Semarang

SELASA, 15 SEPTEMBER 2020 , 15:03:00