Viral 240 Siswa SMA Jepara Ajukan Dispensasi Nikah, Pemkab Buka Suara

Daerah  SABTU, 25 JULI 2020 , 09:55:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Viral 240 Siswa SMA Jepara Ajukan Dispensasi Nikah, Pemkab Buka Suara
RMOLJateng. Pemkab membuka suara terkait adanya berita di sebuah portal media online yang menyebutkan sebanyak 240 siswa SMA di Jepara  berbondong-bondong mengajukan Dispensasi Nikah.

Bahkan, kabar ini viral dan menjadi buah bibir netizen di sejumlah media sosial. Terutama, WhatsApp dan Facebook.

"Pemberitaan yang menyebutkan 240 siswi SMA berbondong-bondong  minta Dispensasi Nikah,  berita tersebut  tidak sesuai keadaan yang ada," tegas Bupati Jepara Dian Kristiandi, Sabtu (25/7) pagi.

Menurut Andi-sapaan Dian Kristiandi, Pemkab Jepara langsung mengambil sikap dengan  melakukan koordinasi dengan Pengadilan  Agama Jepara. Pasalnya, kabar viral terkait dispensasi nikah ini cukup meresahkan masyarakat.

Dalam keterangan Ketua Pengadilan Agama Jepara Faiq menyampaikan,  banyak di antara pemohon Dispensasi nikah itu yang sudah lulus SLTA sederajat. Dan jumlah itu merupakan akumulasi dari Januari hingga Juni 2020.

"Jadi kurang pas dan berlebihan kalau disebutkan dalam pemberitaan tersebut  kalau banyak pelajar SMA yang berbondong-bondong minta Dispensasi nikah," tandasnya.

Dijelaskan, untuk pengajuan dispensasi nikah di PA Jepara, sebagian besar juga atas persetujuan dan keinginan dari  orang tua. Sebab mereka mengijinkan dan menginginkan anaknya melangsungkan pernikahan.

Sebagaimana diatur dalam UU No 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, disebutkan bahwa usia minimal untuk menikah bagi wanita dari semula 16 Tahun ( UU No.1 Tahun 1974) menjadi 19 tahun. Untuk usia ini, biasanya wanita yang sudah lulus sekolah di tingkat SLTA.

Faiq menambahkan, menurut data dari Pengadilan Agama, bahwa kejadian atau fenomena banyaknya Dispensasi nikah ini juga terjadi di beberapa daerah yang lain. Artinya , permohonan dispensasi nikah ini memang satu kejadian  yang tidak hanya terjadi di Jepara sebetulnya.

"Tetapi karena persyaratan usia sebagaimana yang diatur dalam UU Perkawinan itu , sehingga  banyak permohonan Dispensasi nikah," imbuh Faiq. [jie]





Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00