Pemprov Jateng Rencanakan BOS Untuk Kuota Internet

Pendidikan  RABU, 22 JULI 2020 , 18:54:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Pemprov Jateng Rencanakan BOS Untuk Kuota Internet
RMOLJateng. Pemerintah sedang berupaya membantu masyarakat dalam mengatasi persoalan pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan pihaknya sedang menyiapkan komponen pendidikan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menurutnya, salah satu komponen pendidikan saat ini yang sangat diperlukan oleh masyarakat adalah kuota internet.

"Teknologi informasi menjadi salah satu cara untuk menyelesaikan persoalan. Tapi setelah datang Covid-19, kita diminta menata ulang semuanya. Untuk komponen pendidikan itu sudah saya sampaikan ke dinas terkait," kata Ganjar, Rabu (22/7).

Menambahkan terkait komponen pendidikan tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Padmaningsih, mengatakan bahwa biaya kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh sudah diatur dalam Permendikbud No 19 Tahun 2020.

Yakni diperbolehkan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk menunjang komponen pendidikan. Namun, untuk besarannya disesuaikan dengan kemampuan sekolah masing-masing.

"Iya, memang diperbolehkan pakai dana BOS. Tapi anggarannya disesuaikan dengan kemampuan sekolah. Disamping itu juga, ada peruntukan dana BOS komponen pendidikan lain sesuai aturannya," jelasnya.

Sejauh ini, belum ada sumber anggaran khusus yang lain untuk pembelian kuota internet sebagai komponen pendidikan sarana pembelajaran jarak jauh.

"Belum ada anggaran lain. Tapi masih kita musyawarahkan untuk mencari solusi-solusi," titah dia.

Terkait kendala yang dihadapi bagi siswa yang berada di lokasi sulit akses internet, ia mengambil langkah guru kunjung. Yakni guru mengunjungi siswa untuk memberikan pembelajaran.

"Atau bisa mengirim materi pelajaran ke siswa dan tugas, nanti dikirim ke gurunya jika sudah selesai. Memang ada daerah yang susah sinyal. Tapi kami berupaya proses pembelajaran tetap bisa dilakukan," ungkapnya. [jie]






Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00