FKUI Sebut Thermogun Aman Dipakai

Kesehatan  SELASA, 21 JULI 2020 , 20:39:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

FKUI Sebut Thermogun Aman Dipakai
RMOLJateng. Tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) angkat bicara terkait kabar thermogun atau termometer tembak dapat membahayakan otak karena memancarkan laser.

Perwakilan dari tim FKUI Profesor Ari Fachrial menegaskan, thermogun sudah lolos uji kesehatan dan sudah diperhitungkan bahwa alat itu aman.

"Thermometer inframerah tidak memancarkan radiasi seperti sinar-X. Karena itu, tidak mempengaruhi sistem saraf termasuk juga tidak merusak retina," ujar Akademisi dan Praktisi Klinik itu melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/7).

Ari Fachrial menjelaskan, akurasi pengukuran temperatur bergantung pada jarak dan sudut alat thermogun terhadap objek yang diukur. Maka dari itu, jangan heran jika hasil pengukuran bisa berubah-ubah.

Sama halnya dengan laser pointer, laser yang berada di thermogan tidak ada efek berbahaya untuk otak. Kendati demikian jangan sampai menembak ke mata secara langsung karena dapat merusak retina.

Dengan begitu dapat disimpulkan alat thermogun untuk screening temperatur seseorang, bekerja dengan menerima pancaran inframerah dari benda, bukan dengan memancarkan radiasi apalagi laser. [hen]




Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Pemberkatan Pernikahan di Gereja Golden Gate Community Church (G2CC) Semarang