Hindari Kerumunan, Perang Obor Jepara Digelar Tengah Malam

Budaya  SELASA, 21 JULI 2020 , 06:39:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Hindari Kerumunan, Perang Obor Jepara Digelar Tengah Malam
RMOLJateng. Tradisi perang obor di Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Jepara digelar Senin (20/7) malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Sebelumnya, setiap tahun lazim dilaksanakan pukul 19.00 WIB, kali ini sengaja dilakukan tengah malam karena untuk menghindari kerumunan warga. Apalagi, tradisi ini biasanya didatangi ribuan warga lokal hingga berbagai daerah.
Tradisi perang obor Jepara ini rutin digelar dalam rangka sedekah bumi Desa Tegalsambi sekaligus sebagai upacara yang dipercaya untuk tolak balak masyarakat setempat.  Lantaran ada pandemi Covid-19, tadisi ini tetap digelar namun terbatas. Selain itu juga disesuaikan protokol kesehatan.

"Semua (prosesi perang obor Jepara) dilaksanakan dengan protokol kesehatan," kata Kepala Desa Tegalsambi Agus Santoso.

Dijelaskan, pembatasan dalam perang obor Jepara ini dengan cara tidak mengundang tamu. Termasuk, melarang adanya ribuan penonton. Para pelaku dalam tradisi ini juga seluruhnya memakai masker.

Selain itu, penyulutan obor hanya dilakukan secara simbolis saja. Jika biasanya memakai ratusan obor, kali ini hanya sekitar 10 obor saja. Begitupun pemain perang obor Jepara, tak sampai delapan orang.

Bahkan, durasi perang obor Jepara ini hanya berlangsung sekitar lima menit saja. Padahal, bisanya berlangsung hingga hampir satu jaman.

"Malam penyulutan obor secara simbolis seraya memanjatkan doa semoga masyarakat diselamatkan oleh Allah dari bala penyakit dan bencana. Termasuk Covid-19 ini," imbuh Agus. [hen]



Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00