Jamin Keselamatan, Kemendagri Minta KPU Pastikan Kesiapan APD Untuk Petugas Pilkada

Politik  RABU, 15 JULI 2020 , 22:02:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Jamin Keselamatan, Kemendagri Minta KPU Pastikan Kesiapan APD Untuk Petugas Pilkada
RMOLJateng. Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 yang digelar di tengah pandemik virus corona baru (Covid-19) diharapkan bisa menjamin keamanan dan kesehatan masyarakat serta penyelenggara.    

Hal inilah yang digarisbawahi Kementerian Dalam Negeri, mengingat tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih mulai berlangsung pada Rabu (15/7) hari ini.

Dalam peluncuran 'Gerakan Klik Serentak' yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh meminta KPU memastikan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas pemilihan.
                                                                          
"Tentu saja 317 ribu petugas kita perlu dibekali dengan protokol Covid yang dari KPU sudah menyiapkan dengan baik," ujar Zudan saat memberikan kata sambutan di acara tersebut mewakil Mendagri Tito Karnavian.

Selain itu, Zudan juga mengharapkan partisipasi masyarakat untuk bisa menaati protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah. Pasalnya, kunci sukses pelaksanaan Pilkada adalah kesehatan bagi semua pihak yang terlibat.

Untuk itu, dalam proses tahapan Coklit data pemilih yang digelar 15 Juli 2020 hingga 13 Agustus mendatang bisa maksimal dilakukan petugas KPU tingkat bawah, bersama masyarakat dengan taat protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Ini perlu sekali peran serta masyarakat. Maka kami meminta bersama Bapak Menteri Dalam Negeri, seluruh kepala daerah di 309 daerah yang menjadi wilayah pemilihan di 270 daerah ini mendukung penuh gerakan untuk Coklit ini," harap Zudan.

"Dan kami berharap betul masyarakat berperan serta aktif. Karena keaktifan masyarakat adalah kunci untuk akurasi DPT (Daftar Pemilih Tetap)," papar Zudan.

Siang tadi KPU telah membuat seremonial dimulainya tahapan Coklit dengan meluncurkan Gerakan Klik Serentak dan mendeklarasikan website pendataan daftar pemilih Pilkada Serentak 2020 dengan alamat situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Situs ini nantinya bisa diakses masyarakat untuk melakukan pengecekan secara mandiri, apakah yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai pemilih dalam pesta demokrasi untuk tahun ini atau belum. Untuk puncak acara dari Pilkada yang digelar di 270 daerah ini akan dilakukan pada 9 Desember. [jie]
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    




Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00